Kamis, 17 Januari 2019

Pemekaran Wilayah Bogor Timur dan Bogor Barat

Wacana pemekaran Bogor Timur dan Bogor Barat, kian menguat. Bahkan, untuk pemisahan wilayah Bogor Timur yang terdiri dari tujuh kecamatan dari Kabupaten Bogor sudah mendapat restu dari Bupati Bogor, Ade Yasin.

Dengan adanya pemekaran dua wilayah ini, maka Kabupaten Bogor pun akan terpecah menjadi tiga wilayah. “Kami pemerintah daerah bersama DPRD mendorong untuk mengawal Bogor Timur menjadi daerah otonomi baru (DOB),” ujar Ade Yasin.

Bupati yang belum lama dilantik ini mengatakan, sambil menunggu pencabutan aturan moratorium DOB oleh pemerintah pusat yang dijadwalkan tahun ini, semua persyaratan DOB sudah disiapkan.

Rencana pemekaran wilayah ini pun mendapat restu dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Menurutnya, pembentukan DOB di Jawa Barat tidak bisa ditawar lagi. Minimal untuk tiga daerah, yaitu Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Sukabumi Selatan, dan Kabupaten Bogor.

“Minimal yang sudah didorong dari sejak awal untuk direalisaai ga apa-apa tidak 12 atau 13 DOB baru,” ujar Uu usai menerima kunjungan kerja Anggota DPD RI Komite I, Eni Sumarni di Gedung Sate.

Dia menjelaskan, Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia namun memiliki daerah otonomi lebih sedikit, yakni hanya 27 kabupaten/kota. Sementara provinsi lain yang jumlah penduduknya lebih sedikit dari Jabar memiliki daerah otonomi lebih banyak.

Sumber: http://goo.gl/WFbykP/a>


Reactions:

0 comments:

Posting Komentar