Senin, 21 Januari 2019

Bogor Waspadai Pohon Tua

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Jawa Barat, mewasdai 112 pohon besar di tempat umum seperti di pinggir jalan raya karena rawan tumbang. “Dari 516 pohon yang telah teridentifikasi kondisinya, ada 112 pohon dinyatakan rawan tumbang,” kata Kepala Bidang Pertamanan, Disperumkim, Kota Bogor, Agus Gunawan di Bogor, pekan lalu.

Menurutnya, 112 pohon rawan tumbang tersebut telah diberi kartu tanda pohon (KTP) berwarna merah sebagai identitas rawan. Pohon-pohon rawan tumbang tersebut tersebar di sejumlah titik jalan-jalan protokol Kota Bogor, seperti Jl Ahmad Yani dan Jl Pajajaran.

Untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang bisa menyebabkan korban jiwa, Disperumkim Kota Bogor melakukan upaya pencegahan dini lewat penebangan dan pemangkasan. “Pohon yang tingkat keroposnya di atas 50 persen segera ditebang,” katanya.

Pemkot Bogor dapat mendeteksi kondisi pohon rawan tumbang melalui program pemberian KTP pohon-pohon yang dilakukan sejak 2016.

Penerapan KTP pada pohon ini melibatkan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Lingkungan Hdup dan Kehutanan (KLHK) untuk melakukan pendataan dan identifikasi menggunakan alat khusus. Alat identifikasi tersebut dapat mengetahui kondisi pohon sehat atau keropos. Pohon yang sudah diperiksa diberi KTP dengan warna berbeda-beda.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar