Selasa, 18 Desember 2018

Kaleidoskop Pesta Rakyat Bogor Sepanjang Tahun 2018

Tahun 2018 selain pesta demokrasi, Kota Bogor juga dimeriahkan oleh ragam pesta rakyat. Banyak helatan atau festival yang digelar di Kota Hujan sepanjang tahun ini, mulai Bogor Street Festival hingga torch relay Asian Games yang tidak hanya menarik perhatian masyarakat Kota Bogor namun juga menyedot perhatian masyarakat Indonesia.

Kebanyakan pesta rakyat tersebut digelar di ruas jalan utama Kota Bogor sehingga semarak pesta pun semakin terasa. Untuk mengingat kembali pesta rakyat yang digelar sepanjang tahun 2018 tersebut berikut 'Kaleidoskop: Pesta Rakyat Bogor Sepanjang Tahun 2018.

1. Bogor Street Festival

Pesta Rakyat Bogor Street Festival Cap Go Meh yang digelar pada Jumat (2/3/2018) di Jalan Suryakencana diguyur hujan. Meskipun hujan, agenda akbar tahunan di Kota Bogor ini tetap berlangsung meriah dan dipadati oleh pengunjung yang berasal dari Kota Bogor maupun luar Kota Bogor.

Pesta rakyat Cap Go Meh dihadiri oleh beberapa pejabat negara dan pemerintah Kota Bogor yakni Ketua MPR Zulkifli Hasan. Pelaksana tugas (plt) Wali Kota Bogor Usmar Hariman, serta empat pasang calon wali kota Bogor. 

Perayaan Cap Go Meh di kota hujan berpusat di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana. Sedangkan arak-arakan budaya dan seni Nusantara dimulai di Tugu Lawang Suryakencana dan berakhir di Vihara Budasena, Jalan Siliwangi. Banyak pertunjukan budaya yang disuguhkan dalam festival ini, tidak hanya ragam budaya dari Kota Bogor atau Jawa Barat namun juga pertunjukan budaya dari sejumlah daerah di Indonesia.

2. Festival Merah Putih

Semangat menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Kota Bogor diwujudkan melalui kirab bendera merah putih yang digelar di ruas jalan protokol Kota Bogor, Minggu (5/8/2018). Dalam festival, bendera ukuran raksasa dengan panjang 117 meter diarak dari Balaikota hingga Lapangan Puzdikzi oleh Muspida, TNI, Polri dan berbagai elemen masyarakat lainnya. 

Kemeriahan festival terasa sejak dilepasnya bendera ukuran raksasa oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Dijalanan ribuan masyarakat terlihat penuh haru dan gembira melihat peserta kirab membawa bendera raksasa yang diiringi dengan alunan suara drum band.

3. Festival Seni Budaya Helaran

Ribuan masyarakat Kota Bogor dari berbagai kalangan usia tumpah ruah di Jalanan untuk menyaksikan Festival Budaya bertajuk Seni Budaya Helaran, Minggu (12/8/2018). Mereka memadati ruas jalan Sudirman, jalan Jalak Harupat dan jalan Salak yang menjadi rute festival. Helaran budaya dibuka dengan pertunjukan Drum Band kemudian diikuti sedikitnya 15 kuda yang merupakan iring-iringan pejabat di Kota Bogor. 

Setidaknya ada sekitar 5.000 peserta dari berbagai komunitas yang ikut berpartisipasi dalam helaran yang menampilkan pawai budaya-budaya kesundaan ini. Selain dari Kota Bogor adapula dari Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bogor.

4. Festival Laksa

Kota Bogor dikenal dengan sajian khas kulinernya salah satunya laksa. Makanan dengan komposisi utama mie itu dibagikan secara gratis dalam festival breakfast yang digelar di halaman Botani Square, Minggu (29/7/2018). 

Dalam festival itu, sebanyak 2.000 porsi laksa dibagikan secara gratis kepada setiap pengunjung. Sedikitnya sebanyak 100 varian laksa disediakan dalam festival kali ini yang dikerjasamakan dengan Perhimpunan Hotel Republik Indonesia Kota Bogor (PHRI) dan Indonesian Chef Association (ICA). Festival breakfast ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Bogor yang bertujuan untuk mempromosikan makanan khas masyarakat Kota Bogor yaitu laksa.

5. Festival Kaulinan Urang Lembur

Ratusan pelajar di Kota Bogor antusias memainkan permainan tradisional di Lapangan GOR Pajajaran. Mereka tak sekedar bermain tetapi berjuang untuk menjadi yang terbaik dalam Lomba Kaulinan Urang Lembur yang digelar pada Rabu, (29/8/2018). 

Para peserta yang terdiri dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama itu harus memainkan sebanyak 8 permainan tradisional secara estafet, yang tercepat menyelesaikan permainan akan menjadi pemenang. Permainan yang harus dilewati oleh para pelajar itu semuanya adalah permainan anak-anak zaman dahulu yakni Enggrang, bedil jepret, rorodaan, babancakan, gatrik, sumpit, kelom batok dan gansing. 

Lomba Kaulinan Urang Lembur merupakan agenda tahunan di Kota Hujan yang merupakan upaya pemerintah untuk melestarikan permainan tradisional yang hampir punah. Tujuan utamanya adalah memasyarakatkan kembali permainan tradisional.

6. Kirab Obor Asian Games

Seremonial menyambut kedatangan pesta olahraga Asian Games ikut dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor saat torch relay melintas di Kota Hujan, Selasa (14/8/2018). 

Kirab obor melintas di ruas jalan utama dan sejumlah bangunan bersejarah di Kota Hujan. Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara didapuk menjadi pelari pertama torch relay yang kemudian disambut oleh Kepala Staf Negara, Jenderal Purnawirawan Moeldoko. Selain Rudiantara dan Moeldoko, obor juga dibawa lari secara estafet oleh 15 pelari lainnya, yaitu Wali Kota Bogor Bima Arya, legenda bulutangkis Indonesia Icuk Sugiarto, serta kalangan artis Yossy Project Pop, Jericho Cristiantoko, dan Anindya Kusuma Putri. 

Kedatangan obor Asian Games disambut meriah puluhan ribu pelajar dan masyarakat, mereka berjejer di sepanjang jalanan yang menjadi rute kirab. Raut wajah gembira dan bangga terpancar dari mereka saat obor melintas karena tak semua daerah yang berkesempatan menyambut obor Asian Games ini.

7. Istana Untuk Rakyat

Puluhan ribu orang yang didominasi oleh pelajar antre masuk ke dalam lingkungan Istana Bogor untuk berwisata dalam gelaran Istana Bogor untuk Rakyat (Istura) yang digelar oleh Pemerintah Kota Bogor pada pertengahan September. 

Istura merupakan acara tahunan di Kota Bogor sebagai rangkaian acara Hari Jadi Bogor ke-536. Dalam acara ini masyarakat berkesempatan melihat istana Bogor secara dekat tanpa dipungut biaya. Antusias pengunjung cukup tinggi hingga mencapai 53.529 orang dan sangat melonjak tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: http://goo.gl/7BKKCu/a>


Reactions:

0 comments:

Posting Komentar