Senin, 03 September 2018

Wali Kota Bogor Ikut Lomba Lari Untuk Menggalang Dana Korban Gempa Di Lombok

Gempa dahsyat yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa waktu lalu, masih menyisakan duka hingga saat ini. Berdasarkan data sementara yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 563 warga dinyatakan meninggal dan 83.392 unit rumah rusak.

Kesedihan itu rupanya dirasakan pula oleh warga Kota Bogor. Sejumlah komunitas pelari, pelajar, masyarakat hingga seniman kemudian menginisiasi adanya gerakan #BogorUntukLombok guna menghimpun donasi warga Kota Hujan.

Wali Kota Bogor Bima Arya pun ikut ambil bagian dalam aksi kemanusiaan tersebut. Bahkan, Bima melakukan hal unik demi meringankan duka bagi warga Lombok.

Lewat kegemarannya berolahraga lari, Wali Kota Bogor pun rela menjajakan kaos larinya untuk dimanfaatkan para donatur. Politisi PAN ini secara sukarela memberikan ruang bagi para sponsor atau donatur untuk melakukan endorsement atau dukungan lewat jersey lari yang akan dikenakannya dengan nilai rupiah tertentu. Kemudian seluruh uangnya akan didonasikan bagi korban gempa di Lombok.

"Saya berlari dua putaran pedestrian sekitaran Kebun Raya dan Istana Bogor dengan jarak sekitar 10 kilometer. Setiap satu kilometer saya ganti baju yang disediakan para donatur yang sudah berpartisipasi dalam acara ini," ungkap Bima, Minggu (2/8/2018).

Menurut dia, penggalangan dana ini atas dorongan warga Kota Bogor dengan tujuan ingin meringankan beban mereka yang sedang tertimpa musibah di wilayah Lombok.

"Saya sangat terharu, ternyata begitu banyak warga, pelajar dan perusahaan terdorong untuk berdonasi," kata Bima.

Hingga Minggu pagi, uang yang terkumpul dari hasil sumbangan berbagai elemen masyarakat telah mencapai Rp 451 juta. Uang yang terkumpul telah melebihi target yakni sebesar Rp 300 juta.

"Donasi yang disalurkan para pelajar saja donasi jumlahnya sekitar Rp 200 juta lebih. Ini sangat luar biasa," ucap Bima.

Ia meyakini jumlah donasi akan terus bertambah mengingat Pemkot Bogor masih membuka posko bantuan #BogorUntukLombok hingga 9 Oktober mendatang.

"Untuk bantuan yang disalurkan akan kami komunikasikan dulu dengan pemerintah daerah masing-masing. Apa dalam bentuk uang atau barang, kami belum tahu," terang Bima.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar