Rabu, 05 September 2018

Berkah Asian Games Berupa Renovasi Stadion Pajajaran

Pemerintah Kota Bogor mendapat berkah Asian Games 2018 berupa renovasi Stadion Pajajaran berstandar internasional yang siap digunakan untuk Porda Jawa Barat XIII.

"Selain prestasi atlet yang membanggakan, Asian Games juga memberikan berkah untuk Kota Bogor, kita punya stadion yang sangat bagus, standar internasional, rumputnya bagus banget, bisa juga digunakan untuk pertandingan malam," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Jawa Barat, Eko Prabowo, saat ditemui di Bogor, Selasa.

Menurut Eko, sebelum direvitalisasi kondisi Stadion Pajajaran Kota Bogor kurang representatif, belum berstandar internasional.

Sejak direvitalisasi oleh Kementerian PUPR, Stadion Pajajaran digunakan sebagai tempat latihan tim nasional sepak bola yang tergabung dalam grub B di babak penyisihan Asian Games 2018.

Terdapat empat tim nasional yang tergabung di grub B yakni Thailand, Uzbekistan, Qatar, dan Bangladesh.

Eko menyebutkan, Stadion Pajajaran sudah tiga kali direnovasi, pertama tahun 1992, lalu tahun 2011 dilakukan penggantian rumput. Sejak itu, kondisi stadion kurang terawat, terutama lapangan rumput yang ditumbuhi rumput liar.

Pada perhelatan Asian Games 2018, Stadion Pajajaran ditunjuk sebagai salah satu tempat latihan tim nasional grub B. Pilihan ini jatuh karena lokasi Kota Bogor yang cukup strategis.

"Ada tiga elemen utama yang diperbaiki selama renovasi, rumput lapangan utama, lampu penerangan lapangan, kamar mandi, serta kamar ganti pemain," katanya.

Eko menyebutkan, rumput yang digunakan saat ini berstandar FIFA, sama kualitasnya dengan lapangan rumput Stadion GBK, dilengkapi dengan sistem drainase yang akan membuat lapangan terhindar dari genangan air meski hujan deras,

Sistem drainase ini yang memungkinkan air hujan terserap dengan cepat dan akan ditampung serta dimanfaatkan untuk menyirami rumput dalam pemeliharaan.

"Untuk mengganti lapangan rumput serta membangun drainase-nya saja dibutuhkan biaya lebih dari Rp4 miliar," kata Eko.

Penggantian juga dilakukan untuk tiang gawang, diganti dengan yang lebih aman bagi pemain. Khususnya kiper atau pejaga gawang bila mengalami benturan dengan tiang gawang.

Usai pelaksanaan Asian Games 2018, Stadion Pajajaran akan digunakan untuk Porda Jawa Barat XIII yang berlangsung di Kabupaten Bogor.

"Kami sudah minta PB Porda untuk melengkapi kekurangan yang ada di Stadion Pajajaran, seperti kursi untuk pemain dan pengawas pertandingan," kata Eko.

Sumber: http://goo.gl/CR8kZ2/a>


Reactions:

0 comments:

Posting Komentar