Minggu, 05 Agustus 2018

Menyambut HUT RI Ke-73 Bendera Merah Putih Raksasa Bakan Keliling Bogor

Semangat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Bogor akan diwujudkan melalui gelaran Festival Merah-Putih (FMP) 2018.

Kegiatan yang sudah memasuki tahun ke-3 ini secara rutin memasang umbul-umbul merah putih di seluruh jalan protokol Kota dan Kabupaten Bogor. Tak tanggung-tanggung jumlah bendera dan umbul-umbul yang dipasang mencapai 17.845 buah yang dipasang selama Agustus.

Pembukaan FMP 2018 akan berlangsung di dua lokasi berbeda yakni di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor dan di Plaza Balai Kota Bogor, jalan Ir. H Juanda, Kota Bogor.

Di Kota Bogor, pembukaan FMP dimulai pukul 06.15 WIB dengan kirab bendera merah putih berukuran panjang 117 meter dan lebar 5 meter. Pengarakan bendera berukuran raksasa tersebut dimulai dari Plaza Balai Kota menuju kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, sampai di titik Air Mancur putar balik dan finish di lapangan Pusdikzi.

Pengarakan bendera merah putih akan melibatkan 265 orang yang terdiri dari gabungan berbagai elemen masyarakat.

“Urutan kirab benderanya yang paling depan Drum Band, diikuti tamu VIP yakni muspida dan Bogor Sahabat, dibelakangnya para pembawa bendera merah-putih yang diiringi sepeda ontel, barongsai, tim marawis dan komunitas,” ujar Ketua Panitia FMP 2018 Muzzakir.

Muzzakir menuturkan, jumlah 265 orang hanya pembawa bendera saja, sementara untuk peserta pawai jika ditotal bisa mencapai 505 orang. Belum lagi partisipasi dari masyarakat yang bisa mencapai 1.500 orang mengingat kirab bendera dilakukan di sepanjang CFD sehingga masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk memeriahkan.

“Dibuatnya acara ini kan semata-mata untuk masyarakat Kota Bogor, jadi kami berharap masyarakat ikut partisipasi,” imbuhnya.

Muzzakir menyebutkan, kegiatan FMP tidak hanya kirab bendera saja. Seusai kirab akan dilanjutkan dengan pelipatan bendera merah putih, pertunjukan pencak silat, pembagian 23.000 cup kopi dan lomba cerdas cermat.

Ia menambahkan, rangkaian FMP 2018 masih akan berlanjut dengan Upacara Festival Merah Putih 2018 di Kebun Raya Bogor,  Sabtu (11/08/2018) mendatang. Upacara akan diikuti  ribuan perserta dari berbagai unsur yakni TNI, Polri, Pelajar, Mahasiswa, Komunitas, Budayawan, Tokoh Agama dan Masyarakat umum. “Rencananya upacara  akan dibuka Presiden RI  Joko Widodo,” katanya.

Sumber: http://goo.gl/aMJGw8

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar