Jumat, 24 Agustus 2018

Kolam Alami Curug Cantik di Bogor yang Berwarna Toska

Curug Cikuluwung di Bogor Barat punya kolam alami yang berwarna biru toska. Tak jauh dari Jakarta, curug cantik ini bisa kamu kunjungi akhir pekan nanti.

Curug Tikoro, begitulah orang-orang dulu menyebut nama tempat ini. Tikoro artinya tenggorokan, karena memang bentuk tempat jatuhnya air itu mirip lubang tenggorokan. Namun kini, tempat ini lebih akrab disebut Curug Cikuluwung.

Di bagian bawah curug ini membentuk kolam yang cukup luas. Airnya yang berwarna Hijau kebiruan berpadu dengan tebing batu dan pepohonan hutan yang rimbun, menjadikannya sebuah kolam renang alami yang sungguh indah.

Di kolam ini kita diperbolehkan berenang. Hanya saja kita wajib mengenakan pelampung. Kewajiban mengenakan pelampung ini merupakan standar keselamatan yang berlaku di sini. Kalau kita tidak membawa pelampung sendiri, kita bisa menyewanya.

Pada saat saya mengunjunginya kemarin, kebetulan air terjunnya sedang kecil, maklum musim kemarau. Namun justru karena kecil, kita bebas bermain di sekitar tempat jatuhnya air tanpa khawatir tersedot arus air ke bawah.

Di belakang air terjun, pada dinding batu, terdapat area sempit namun cukup untuk dipakai berdiri atau duduk. Kita bisa duduk-duduk disini, atau beraksi melompat menembus dinding air terjun. Dengan catatan airnya harus kecil ya, jangan ketika airnya besar, berbahaya kalau sedang besar.

Di pinggir kolam terdapat sekelompok batuan besar. Ada satu batu yang unik dengan cekungan di bawahnya. Sehingga kalau dari satu sisi, cekungan ini mirip mulut gua. Padahal ini hanya batu dipinggir kolam saja.

Kita bisa melakukan pencitraan di batu cekung ini, dengan sudut pengambilan gambar yang pas, kita bisa membuat foto/video seolah-olah kita keluar dari gua batu di bawah air.

Btw, saya mencoba tips pose foto yang saya dapatkan dari pegipegi.com. Tips-tips pada artikel tersebut menginspirasi saya untuk mengeksplorasi kolam dan Curug Cikuluwung ini, mencoba beberapa pose dan sudut pengambilan gambar guna mendapatkan foto dan video yang ciamik. hehe.

Meski sudah sejak lama ada dan dikenal oleh masyarakat setempat, Curug Cikuluwung ini belumlah terlalu lama menjadi Tempat Wisata. Mungkin karena dulu akses ke Curug ini tidaklah mudah, karena harus menuruni tebing yang sangat curam dan berbahaya.

Namun kini area di sekitar curug sudah dibenahi. Dari pintu masuk menuju curug, meski melewati tebing curam, jalurnya sudah dibuatkan jalan semen dan tangga. Di dekat curug juga terdapat fasilitas toilet umum yang befungsi juga sebagai kamar ganti.

Akses menuju area Curug juga sudah bagus. Jalannya bisa dilewati mobil dan sudah licin dihotmix. Tempat parkir luas dan di pintu masuk terdapat area dengan banyak warung. Warung-warung disini menyediakan bale-bale yang nyaman, sehingga kita bisa duduk lesehan atau berbaring menikmati udara gunung yang sejuk dan suasana yang masih alami.

Secara administratif, tempat wisata Curug Cikuluwung ini terletak di Ds. Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Kalau dari Jakarta, kita ke Kota Bogor, lalu ke arah Barat melewati kampus IPB Dramaga. Lalu mengikuti jalan itu ke arah Leuwiliang. Antara IPB-Leuwiliang, terdapat beberapa pertigaan seperti Cinangneng, Cibanteng, Cikampak, Cibatok, Cemplang dan Karacak.

Nak, untuk mencapai Curug Cikuluwung ini, kita berbeloknya di pertigaan Cemplang. Pertigaan ini terletak kurang lebih 2 Km sebelum Leuwiliang.

Di Pertigaan Cemplang ini kita belok kiri, meneruskan perjalanan sekitar 10 Km menuju Ds. Cibitung Wetan. Ketika sampai ke Cibitung Wetan, papan penunjuk arah ke Curug Cikuluwung sudah tersedia. Kita tinggal mengikutinya saja.

Kalau menggunakan angkutan umum, kita bisa naik KRL, turun di Stasiun Bogor. Dari sini, naik angkot sebanyak 3 kali. Dari stasiun naik angkot ke Bubulak, sambung angkot lagi jurusan Leuwiliang/Jasinga, turun di pertigaan Cemplang. Dari sini naik angkot sekali lagi jurusan Parabakti, turun di Ds. Cibitung Wetan. Dari dari sini tidak ada angkutan lain kecuali ojek.

Tiket masuk ke Curug ini relatif murah, 10rb/orang. Sewa pelampung 15 ribu sepuasnya. Kalau tidak bawa bekal makanan, kita bisa makan di warung-warung yang banyak tersedia di pintu masuk.

Curug Cikuluwung ini bisa jadi tujuan wisata keluarga yang seru dan indah dengan harga yang murah.

Sebenarnya Wisata Indonesia itu tidak kalah dengan Wisata Luar Negeri. Keindahan Alam Indonesia tiada bandingannya. Dan tidak perlu jauh-jauh, disekitar kita banyak sekali Tempat Wisata yang bisa dikunjungi.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar