Rabu, 29 Agustus 2018

16 Sekolah Ikut Kegiatan Festival Kaulinan Di Bogor

19 peserta dari 16 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Kota Bogor mengikuti kegiatan festival kaulinan orang lembur di lapangan Gor Pajajaran Bogor

Pada kegiatan tersebut para pelajar fiharuskan menyelesaikan pettandinhan secara estafet.

Pada tahap pertama peserta diharuskan menyelesaikan permainan egrang, kemudian estafer berlanjut kepermainan berikuynya kelom batok, rorodaan dan lain sebagainya.

Kepala Seksi (Kasi) Seni dan Perfilman pada Disparbud, Uci Sanusi mengatakan bahwa diperlukan konsentrasi untuk menyelesaikan permainan.

"Iya karena permainan ini diperlukan ketepatan dan ketelitian jadi harus fokus, selain itu juga kekompakan tim harus solid," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Syahlan Rasidi mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memasyrakatkan dan mengangkat kembali permainan orang lembur dikalangan anak-anak.

"Karena kita lihat permainan orang lembur ini sudah mulai punah karena kita lihat sekarang ini banyaknya sosmed anak-anak lebih senang main game," katanya.

Selain itu kata Syahlan permainan orang lembur juga memiliki filosofi kebersamaan saling asah saling asuh.

"Dengan filosofi ini perlu ditingkatkan kembali dikalangan pelajar, menanamkan rasa memilki terhadap budaya sunda yang harus dilestarikan," katanya.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar