Senin, 16 Juli 2018

Taman Matahari, Wisata Edukasi Park di Bogor

BERLIBUR atau berwisata menjadi kebutuhan, termasuk bagi keluarga. Hal itu mengingat berwisata memberikan dampak positif bagi edukasi dan perkembangan anak sekaligus membalut keharmonisan keluarga. Sekalipun demikian belum tentu setiap lokasi cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Di sisi lain, untuk melakukan wisata dan traveling sebuah keluarga harus merogoh kocek. Besarnya biaya liburan tentu tergantung oleh banyak aspek, salah satunya jarak tempuh lokasi destinasi wisata yang dituju. Selain variabel lain seperti jenis transportasi, tempat menginap hingga urusan belanja dan berkuliner.

Salah satu lokasi wisata edukatif bagi keluarga yang menarik perhatian adalah Taman Wisata Matahari, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Jakarta dan bisa ditempuh dengan waktu berkisar 1,5-2 jam kearah Puncak, Bogor.

Nyaris setiap hari lokasi wisata ini dibanjiri oleh pengunjung yang ingin berwisata bersama keluarga, teman, dan sahabat. Bahkan, menjadi destinasi bagi perusahaan untuk menggelar gathering karyawannya.

Taman Wisata Matahari dibuka sejak tahun 2007 dengan luas awal 16,5 hektare (ha). Kini, destinasi wisata tersebut memiliki luas sampai 40 ha dengan beragam wahana permainan dan fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Wahana yang tersedia di antaranya waterpark, wahana permainan air seperti sepeda air, bomber boat, perahu dayung, perahu motor, paddle boat, perahu naga, dan bola gila. Lalu, wahana petualangan seperti flying fox, motor ATV, outbond, dan wall climbing. Selain itu, terdapat arung jeram sejauh empat kilometer. Wahana yang satu ini siap menguras adrenalin bagi wisatawan yang menjajalnya.

Tak ketinggalan juga adalah lokasi ciamik untuk berfoto, entah itu bersama-sama maupun berswafoto. Bagi wisatawan yang gemar menebar foto di media sosial, lokasi ini tentu saja amat klop.

Karena itu, Taman Wisata Matahari menyediakan tempat atau wahana khusus untuk berfoto ria, yakni Wahana Padamoto. Berswafoto disini cukup aman. Berbagai wahana yang ada mempunyai pegawai khusus yang memperhatikan semua yang terjadi di wahananya.

Selfie di Wahana Padamoto yaitu Wahana Glow in The Dark Padamoto termasuk kategori wahana petualangan. Sesuai dengan namanya, area ini bersinar dalam kegelapan adalah wahana yang sangat cocok untuk bertualang di alam tiga dimensi dengan hasil foto yang sangat bagus.

Ada berbagai tempat untuk swa foto maupun foto bersama kelompok atau keluarga. Untuk anak-anak dapat berfoto di area tiga dimensi seperti Doraemon dan Princes Disney. Untuk anak-anak yang lebih besar dapat menikmati berfoto seolah di taman dinosaurus, memegang dan mengendarai gajah.

Lalu, berfoto dengan nenek sihir, berfoto terbang di atas kota, dan sebagainya. Selain area atau wahana Padamoto yang mengkhususkan diri dengan petualangan berfoto tiga dimensi, tersedia juga wahana petualangan lain yang akan memicu adrenalin. Permainan yang membuat jantung berdebar, tetapi merasa sangat puas ketika berakhir.

Termasuk dalam wahana petualangan, antara lain adalah arung jeram sungai Ciliwung, mengendarai motor ATV, dan outbound. Untuk outbound, di Taman Wisata Matahari baru ada outbond mini yakni wahana petualangan anak usia sekolah. Pada saat di wahana petualangan, bisa mengabadikan momen-momen mendebarkan tersebut. Tentunya akan sangat menyenangkan dan lucu melihat ekspresi saat bertualang. (bersambung)

Wahana Wisata Edukasi banyak dikunjungi kelompok-kelompok pelajar yang datang ke Taman Wisata Matahari. Berbagai paket pendidikan ditawarkan dengan instruktur yang andal. Wahana yang termasuk pendidikan, antara lain agro sayur, taman lalu lintas, taman burung, naik pesawat Boeing, dan outbond for kids.

Dapat dibayangkan jika anak berfoto mengendarai kerbau misalnya. Suatu pemadangan yang jarang terjadi di kota atau ketika pulang kampung sekali pun. Anak akan menikmati pula saat-saat berfoto dengan teman-teman di sawah, saat di kebun, saat mengendarai pesawat, dan sebagainya.

Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, ada pula wahana-wahana yang menawarkan unsur edukasi. Di sana ada Wahana Agro Sawah, Wahana Terna, dan Wahana Pendidikan Alam. Anak-anak bisa melakukan kegiatan seperti petani maupun peternak. Ada kegiatan seperti membajak sawah, menanam pagi, memelihara tanaman, memetik hasil bercocok tanaman, beternak, menumbuk padi, menapi dan memerah susu sapi.

Wahana permainan bola air di Taman Wisata Matahari. Wahana permainan bola air di Taman Wisata Matahari. Wisatawan bisa menikmati suasana alam yang hijau, menghirup udara yang sejuk, memandang Gunung Gede Pangrango dari Menara Pandang setinggi 12 meter, dan melihat Sungai Ciliwung. 

Wahana permainan dikhususkan pada anak atau orang tua yang masih mempunyai anak usia pra sekolah. Saat-saat ini juga menjadi momen banyak orang tua mengabadikan segala perkembangan, pertumbuhan, dan aktivitas si kecil. Momen juga bagi orang tua untuk berfoto di segala kesempatan bersama anak.

Wahana permainan membuat foto yang Anda buat menjadi lebih hidup. Penuh dengan kegiatan anak beraktivitas dan tentunya foto dengan ekspresi senang dari anak. Termasuk wahana ini adalah Dino Play land, naik kereta fantasy dengan berbagai bentuk hewan, trampolin, dan sebagainya.

Permainan di wahana air juga masih menjadi tempat favorit untuk berfoto. Di Taman Wisata Matahari lengkap tersedia. Mulai dari wahana air seperti dayung dan sepeda air. Sampai pada pemandangan puncak dengan hamparan kebun teh. Di jalan masuk area terdapat taman dengan berbagai patung bentuk binatang lucu. Tempat ini juga dapat menjadi ajang swa foto yang aman.

Tak hanya wahana permainan, para pengunjung juga bisa menikmati malam di area Taman Wisata Matahari. Karena pihak pengelola juga sudah menyediakan penginapan yang bisa disewa pengunjung. Bagi yang tak ingin menginap, pengunjung juga bisa bersantai di saung-saung maupun gazebo.

Di Taman wisata matahari ada beberapa pilihan tempat penginapan, mulai dari penginapan yang modern tersedia juga yang lebih terkesan kuno karena design dan materialnya yang alami.Hotel Matahari ini menggunakan desain dan material yang alami sehingga membuat para pengunjung akan merasa lebih dekat dan menyatu dengan alam. Fasilitas yang tersedia yaitu TV 21 Inchi, Kamar Mandi, Tempat Tidur dan Kamar Mandi dengan harga kamar terjangkau.

Kemudian ada Rumah Manado, rumah yang dirancang dalam gaya rumah tradisional Manado yang menggunakan material utama dari kayu. Rumah Manado ini pas sekali digunakan untuk wisatawan yang sedang ber wisata bersama keluarga, karena rumah Manado ini memuat kapasitas hingga 12 orang dan memiliki 2 spesifikasi yang berbeda. Yang pertama yaitu rumah manado No 1 dan 5 dengan budget Rp 900.000/malamnya dan fasilitasnya ada tempat tidur untuk 12 orang, TV 21 Inchi, air mineral, dan toilet.

Lalu, Villa Ciliwung yang disediakan untuk para wisatawan dengan banyak anggota rombongan, misalnya mencapai 50 orang. Tarif villa ciliwung yaitu Rp 4.000.000 dengan fasilitas tempat tidur 50 kasur barak, toilet dan air mineral galon.

Pilihan lain adalah Villa Pulau Seribu. Berbeda dengan Villa Ciliwung, villa yang satu ini hanya menampung 16 orang. Villa Pulau Seribu memiliki keunikan yang berbeda dengan penginapan yang lain yaitu tempatnya yang strategis karena terletak di tengah-tengah danau yang bernuansa alami.

Kemudian Villa River View. Villa ini terletak di tepian Sungai Ciliwung yang berdekatan dengan lokasi wahana arum jeram. Fasilitas yang tersedia di villa ini yaitu ada tempat tidur 20 kasur barak, ruang duduk santai.

Selain itu, tersedia Villa Natural yang dibangun dan dibuat dari material bangunan dari bahan kayu sehingga terasa natural dengan di desain menggunakan gaya mirip rumah tradisional dan dibentuk mungil.

Penginapan lainnya adalah JSI Resort. Bila para pengunjung dan wisatawan enggan untuk bermalam di Taman Wisata Matahari, bisa juga salah satu tujuan untuk menginap dengan pemandangan gunung Gede Pangrango adalah JSI Resort.

Hotel yang baru diluncurkan ini memberikan nuansa berbedsa bagi para tamunya, karena hotel ini ruang tidurnya berbentuk kontainer. Didukung oleh udara yang sejuk akan menambah tenang liburan di Bogor.

Selain kamar dengan bentuk kontainer, JSI Resort ini juga menyediakan villa dengan ukuran besar dan sangat cocok untuk berkumpul keluarga besar untuk bersantai dan menikmati suasana yang tenang di bawah kaki gunung.

Fasilitas hotel ini juga berbeda, karena pihak pengelola menyediakan dan menyewakan mobil Jeep untuk yang menyukai offroad dengan tantangan yang tinggi, kemudian juga disediakan kolam renang outdoor. 

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar