Kamis, 05 Juli 2018

Pembanguan Masjid Agung di Kota Bogor Akan Segera Dilanjutkan

Proyek pembangunan Masjid Agung Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah akan dilanjutkan pada Juli.

Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Bogor, Aryamehr Khomsa, mengatakan kepastian pemenang proses lelang sudah ditetapkan, yakni PT Alvarini Gemilang.

“Sudah ditetapkan satu perusahaan, yakni PT Alvarini Gemilang sebagai pemenang lelang. Proses lelangnya dilaksanakan sebelum lebaran,” ujar Khomsa.

Dia menuturkan proses lelang tersebut dimulai penawaran pada 21 Juni 2018 dan penetapan pemenang pada 29 Juni 2018. Kemudian selanjutnya ada masa sanggah selama lima hari.

“Jika semua proses berjalan lancar, pelaksanaan pembangunan dapat dilakukan awal Juli 2018 ini,” kata Khomsa.

Khomsa menjelaskan, awalnya ada 84 peserta lelang yang mendaftar proses lelang. Dari jumlah tersebut ada delapan perusahaan yang melakukan penawaran dan selanjutnya pada tahap evaluasi administrasi, teknis, dan harga atau ranah pembuktian kualifikasi di dapat tiga peserta lelang.

“Namun, yang lulus hanya satu perusahaan, yaitu PT Alvarini Gemilang dengan nilai penawaran sebesar Rp8.697.815.390,30,” ujarnya.

Proses pembangunan Masjid Agung Kota Bogor direncanakan 150 hari kalender atau sekitar lima bulan. Nantinya konstruksi dan arsitektur yang akan digunakan tetap sama. Hal ini dikarenakan pembangunan ini merupakan tahap lanjutan dari tahapan yang sudah ada.

“Anggaran yang akan digunakan bersumber dari APBD Kota Bogor tahun 2018 dan tahun 2019 akan kembali dianggarkan,” katanya.

Terkait gagal lelang saat proses pelaksanaan pembangunan renovasi Masjid Agung pada tahun 2017, Khomsa berpendapat hal itu karena tidak adanya perusahaan yang memenuhi Kerangka Acuan Kerja (KAK).

“Bahkan sejak seleksi administrasi, teknis, dan harga tidak ada yang memenuhi persyaratan,” kata Khomsa.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar