Senin, 30 Juli 2018

Kegiatan Ngumbah Tugu Kujang

Puluhan warga Kota Bogor yang terdiri dari elemen organisasi dan komunitas membersihkan Tugu Kujang yang terletak di Pusat Kota Bogor. Pembersihan ini dilakukan dalam rangka kegiatan Ngumbah Tugu Kujang.

Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, mengatakan Ngumbah Tugu Kujang rutin dilakukan tiap tahun untuk menjaga warisan  leluhur dan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor.

"Ini adalah ikon budaya Kota Bogor dan menjadi simbol Kota Bogor karena merupakan simbol Kota Bogor dalam acara hari jadi Bogor setiap tahun dilakukan Ngumbah Tugu Kujang," kata Usmar di Tugu Kujang.

Menurut Usmar kegiatan ini sempat vakum dan kembali dilaksanakan sejak dua tahun yang lalu. Makna Ngumbah Tugu Kujang sendiri diartikan sebagai menghargai nilai-nilai kesundaan di Kota Bogor. Selain Ngumbah Tugu Kujang nanti juga akan ada pawai budaya pada Agustus.

"Harapannya mudahan-mudahan kegiatan ini menjadi ikon dan destinasi wisata dan masuk kalender dinas pariwisata dalam upaya mengundang wisatawan," kata Usmar.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Ngumbah Tugu Kujang, Cecep Thoriq menuturkan sebelum dibersihkan seluruh elemen masyarakat Kota Bogor yang hadir terlebih dulu berdoa untuk kebaikan Kota Hujan dimasa mendatang.

"Kita sebelum pelaksanaan berdoa untuk melaksanakan pemandian ini terus kemaren mengambil air dari tiga sumber mata air yakni di kebun raya, Cidanghiang, dan Cikahuripan," kata Thoriq.

Thoriq menjelaskan tiga sumber mata air itu digunakan untuk memandikan ikon kota Bogor ini lantaran dipercaya dapat mengeluarkan cahaya pada saat pencucian dilakukan.

"Kenapa tiga sumber mata air itu karena pada saat pencucian itu dipercaya keluarlah cahaya dari tiga sumber mata air itu. Tahun 1990 saya nyuci dari sumber itu dan memang keluar cahaya dari tiga sumber itu," kata Thoriq.

Ngumbah Tugu Kujang ini akan dilakukan selama tiga hari kedepan yang akan diikuti oleh 60 relawan yang berasal dari komunitas pemanjat tebing Kota Bogor dan komunitas masyarakat lainnya.

Sumber: http://goo.gl/MSQM8D/a>


Reactions:

0 comments:

Posting Komentar