Minggu, 15 Juli 2018

Berternak Ayam Arab Di Kota Bogor

Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor melalui Bidang Peternakan menyarankan warga masyarakat Kota Bogor untuk budidaya Ayam Arab.

Namun tau kah Anda manfaat dari budidaya ayam arab?

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kota Bogor, Dudi Fitri Susandi mengatakan bahwa Ayam Arab memiliki seksualitas yang tinggi.

Hal itu membuat ayam tersebut bisa bertelur dengan cepat.

Dudi menjelaskan bahwa sebutan ayam arab muncul ketika banyak warga di Indonesia yang membawa telur ayam tersebut setelah pulang dari Mekah.

"Ayam arab merupakan keturunan dari ayam brakel kriel silver dari Belgia disebut ayam arab karena biasanya di Indonesia telur ayam tersebut dibawa oleh jamaah yang baru saja pulang dari Mekah," ujarnya.

Menurut Dudi ayam arab dimanfaatkan oleh masyarakat karena produksi telurnya yang tinggi.

"Ayam mulai bertelur sejak berumur lima bulan sampai 23 bulan," katanya.

Selain itu kata Dudi harga ayam tersebut cukup tinggi Rp 2500 perbutir.

Ia pu menyebutkan bahwa protein telur ayam arab cukup tinggi.

"Kelebihan telur ayam arab mempunyai kandungan protein lebih besar dikarenakan volume kuning telur lebih besar dibanding telur ayam lainnya," katanya.

Maka dari itu pada kondisi harga ayam melambung tinggi seperti ini pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi dengan mengedukasi masyarakat.

"Kami mengintervensi di hulu semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kecukupan gizi keluarga, makanya sejak januari kita memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada kelompok tani untuk antisipasi kenaikan harga telur," ujarnya.

Sumber: http://goo.gl/Z5jUHd

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar