Kamis, 22 Maret 2018

Asinan Jagung Bakar, Kuliner Khas Bogor yang Melegenda

Asinan adalah salah satu kuliner khas Bogor yang cukup populer. Terutama Asinan Bogor, mungkin sudah akrab di telinga para traveller yang pernah ke Bogor.

Lazimnya, asinan berupa buah, sayur atau campuran antara buah dan sayur, rupanya di Kota Hujan ini ada juga asinan yang berbeda dan cukup unik yakni asinan jagung bakar.

Wajib rasanya memasukkan asinan ini dalam daftar kuliner saat ke Kota Bogor karena sayang bila datang ke kota ini tanpa mencicipi asinan yang unik dan melegenda.

Asinan ini memiliki ciri khas sendiri, dimana Jagung dan Timun merupakan bahan utamanya. Jagung dibakar kemudian disisir ditambah irisan timun, gula dan garam. Lalu disiram dengan kuah berwarna oranye seperti sirup. Untuk kuah asinan sendiri berasal dari cabe, air dan asam.

Manisnya jagung berpadu dengan asam dan sedikit hentakan pedas dari cuka cukup memanjakan lidah dan membuat ketagihan setiap penikmatnya. Walaupun asam, cuka ini tak terlalu keras rasanya, sedikit diredam oleh irisan mentimun. Semangkuk asinan ini sangat cocok dinikmati bersama kerupuk mi.

Cukup mudah untuk menemukan Asinan Jagung Bakar, karena letaknya persis berada sebelum pertigaan Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kuliner unik ini dipelopori oleh pak Sabur sejak tahun 1968. Kini usahanya tersebut telah diwariskan ke anaknya, Ridho yang sudah berusia 49 tahun. Tak heran asinan yang cukup melegenda ini terkenal dengan nama “Asinan Bapak Sabur”.

Dalam sehari, bisa menghabiskan 60-70 jagung untuk diolah menjadi Asinan Jagung Bakar. Untuk satu porsi Asinan Jagung Bakar ini dibanderol hanya Rp 12.500 saja.

Tapi jika anda ingin menambah kerupuk mi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7.500. Jadi cukup Rp 20.000 saja anda sudah bisa menyeruput kelezatan Asinan Jagung Bakar yang tiada tandingnya. Setiap harinya, Asinan Jagung Bakar ini dapat ditemui mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Nah bagi, sahabat sporto yang berencana ke Bogor, jangan lupa datang kesana untuk mencicipi kuliner melegenda ini. Kawasan Suryakencana, banyak terdapat kuliner tempo dulu mulai dari Bakso, Soto Kuning, Kwetiaw, Doclang, Toge Goreng, Asinan Bogor hingga roti unyil.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar