Jumat, 15 Desember 2017

Dua Bendungan di Bogor Kurangi Banjir Jakarta 30 Persen

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).

Kali ini, Presiden Jokowi meninjau proyek infrastruktur bendungan yang lokasinya ada di Sukamahi dan Ciawi, Kabupaten Bogor. Ini merupakan wilayah hulu dari sungai-sungai di Jakarta.

Di sela-sela peninjauannya, Presiden Jokowi mengatakan, bendungan ini nantinya dapat mengurangi debit air dari hulu ke Jakarta cukup besar.

"Dengan adanya dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta lebih kurang 30 persen. Artinya mengurangi banjir di Jakarta 30 persen," ujar Presiden Jokowi.

Menyoal banjir Jakarta, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, penyelesaiannya perlu dilakukan dari hulu ke hilir.

(Baca juga: Cari Solusi Banjir Jakarta, Gubernur Anies Akan Panggil Pakar)

Salah satu cara, kata Presiden Jokowi, yaitu membangun bendungan-bendungan di wilayah hulu guna mengontrol arus air yang mengalir ke hilir.

"Di hilirnya, di Jakarta sendiri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengerjakan pelebaran Kali Ciliwung. Itu akan terus dikerjakan," kata Presiden Jokowi.

Untuk pembangunan dua bendungan ini, Presiden Jokowi mengatakan, pembebasan lahan sudah mencapai 22 persen dan diharapkan kedua bendungan ini ditargetkan selesai pada pertengahan 2019.

Sumber: http://goo.gl/WDWaVT

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar