Jumat, 22 September 2017

Peluang Bisnis Laundry Sepatu

Ketika trend sepatu sneaker mulai muncul kembali di tahun 2014 dan keberadaannya kini semakin digandrungi berbagai kalangan, ini membuat para penjual sepatu olahraga kebanjiran rejeki. 

Selain itu trend tersebut ikut memberikan peluang usaha baru bagi sejumlah orang yang menawarkan jasa laundry sepatu. Karena banyak orang mengoleksi sepatu mahal. Lalu untuk merawat dan membersihkannya membutuhkan  perlakuan khusus.

Membersihkan sepatu tidaklah semudah mencuci baju, sebab mulai dari sabun hingga peralatannya harus mempunyai spesifikasi khusus sesuai dengan jenis bahan sepatu yang akan dibersihkan. Apalagi jika sepatu tersebut merupakan sepatu dengan harga mahal atau merek terkenal, seperti berbahan kulit asli, kanvas, ataupun suede.

Perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan yang memiliki sedikit waktu luang atau bahkan tidak mempunyai waktu sama sekali untuk merawat sepatu mereka, mendorong kalangan menengah ke atas ini lebih memilih untuk mempercayakan kebersihan sepatunya ke pelaku jasa laundry sepatu.

Keberadaan bisnis ini belum menjamur seperti laundry pakaian, namun dalam beberapa tahun terakhir, jasa cuci sepatu mulai bermunculan di beberapa kota besar di Indonesia. Konsumen jasa laundry sepatu kini tak hanya didominasi para kolektor sepatu sneakers, tapi juga datang dari komunitas pecinta olahraga seperti komunitas running, pendaki gunung, anggota klub motor, bahkan sampai kalangan mahasiswa yang malas untuk mencuci sepatu sendiri.

Untuk memulai bisnis laundry sepatu, modal yang diperlukan adalah keterampilan dan pengetahuan khusus seputar bahan sepatu. Setiap bahan sepatu memiliki cara tersendiri dalam hal perawatan dan pencuciannya. Cairan pembersih dan peralatan yang mereka gunakan pun tidak sembarangan, ada yang secara khusus mendatangkan cairan pencuci berkualitas dengan cara impor dari luar negeri. Peralatan yang digunakan tidak hanya sikat dan alat semir saja, harus disesuaikan dengan bahan sepatu yang akan dibersihkan. Penggunaan mesin pengering untuk mematikan bakteri-bakteri yang bisa menimbulkan jamur atau bau tak sedap pada sepatu. Peluang inilah yang kemudian diambil para penyedia jasa laundry sepatu yang menawarkan solusi praktis dengan tarif yang relatif ekonomis.

Lippo Group saat ini tengah membangun kota baru  Meikarta yang punya desain, infrastruktur berskala internasional. Meikarta akan jadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara. Di tahap pertama dibangun apartemen sebanyak 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.  Penghuni di ratusan ribu unit apartemen tersebut tentunya membutuhkan jasa kebersihan sepatu mereka. 

Untuk melihat apakah  usaha ini merupakan peluang yang bagus, ada baiknya membuat hitung-hitungan yang mudah saja. Kalau  dalam sehari bisa mengerjakan minimal 20 pasang sepatu dengan tarif jasa yang ditawarkan sekitar Rp 60.000 per  pasang. Maka dalam sebulan bisa meraup omset sampai Rp 30 juta. 

Jadi bukan hal yang mustahil saat ini ada beberapa brand laundry sepatu yang dalam waktu kurang dari setahun mampu meraup keuntungan puluhan juta per bulan, dan kini mulai dikembangkan dengan sistem kemitraan  atau franchise laundry sepatu.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar