Selasa, 05 September 2017

Kisah Menyeramkan di Bekas Bioskop Galaxy Bogor

Bila seseorang merasakan kebosanan dan tidak tahu apa yang akan dilakukan, biasanya ia pergi untuk melepas penat sejenak. Bagi yang suka nonton film, tentunya melepas penat dengan menonton film, baik dari laptop, DVD, atau pergi ke bioskop.

Namun apa jadinya bila bioskop yang dikunjungi ternyata ada makhluk halusnya? Tentu bukan perasaan senang dan nyaman yang didapat, namun justru rasa takut yang mencekam.

Ada sebuah gedung bioskop yang kini sudah tak terpakai, yang kini telah menjadi gedung tua di Jalan Raya Tajur, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Bekas Gedung Galaxy Theatre itu kini menjadi bangunan yang tak terurus, kini masih menyimpan misteri.

Sejumlah kayu, besi dan kaca terlihat berserakan di lantai dekat loket pembelian tiket. Sementara, tiga kursi panjang yang biasa digunakan pengunjung untuk menunggu dimulainya film diputar, tampak kusam dan rusak.

Suasana pengap mulai terasa ketika memasuki ruang studio. Mulai studio 1 hingga 5, kondisinya tak jauh berbeda. Lantai karpet yang telah terlepas terlihat berserakan. Sejumlah galon air mineral juga tampak berserakan.

Menurut Abah Darmo (59), penjaga gedung bioskop tua itu, menceritakan, sejak dibangun pada pertengahan 1978, Galaxy Theater telah menyimpan aroma mistis. Pasalnya gedung itu dibangun di atas lahan bekas pemakaman Tionghoa dan rawa.

Bahkan, di masa pembangunannya, salah seorang pekerja jatuh dari atap. Tak hanya itu, saat beroperasi, banyak keganjilan yang muncul, mulai dari karyawan yang kesurupan hingga penampakan makhluk halus.

"Di sini banyak setannya," kata Mbah Darmo sambil menunjuk lorong-lorong studio.

Ia menceritakan, Mbah Darmo pernah ditampakkan sosok makhluk halus dengan wujud seperti wanita keturunan Tionghoa menggunakan jubah berwarna merah yang tiba-tiba muncul.

Tak hanya itu, ia melanjutkan, ada sesosok hantu berwujud wanita cantik yang mengenakan pakaian serba putih. Makhluk ini selalu mengajak kencan setiap orang yang ditemuinya lewat mimpi. Hampir setiap orang yang tidur di tempat itu mengalami mimpi yang sama dengan sosok wanita yang sama pula.

"Setan ceweknya doyan banget ngajak kencan, tapi hanya lewat mimpi. Anehnya dengan orang (sosok makhluk wanita-red) yang sama, siapapun yang mengalaminya," katanya.

Ada pula yang pernah menjumpai sosok anak kecil mirip tuyul. Katanya, anak itu sangat pandai memanjat dinding. Tak hanya itu, hantu kuntilanak juga sering muncul di belakang gedung.

“Di sini terkenal hantu cewek yang suka ngajak main seks,” katanya.

Sementara itu, menurut salah satu satpam Ruko Galaxy, Hamid, mengungkapkan bahwa dirinya sempat mengalami hal-hal yang aneh. Ia mengaku pernah mendengar suara orang main biliar ketika sudah tutup. Selain itu, suara orang berbincang juga sering terdengar saat melintas di depan gedung.

“Nemuin sih belum pernah, tapi kalau mendengar hal-hal aneh sering. Seperti orang main biliar,” ungkapnya.

Hamid juga menceritakan, menurut keterangan warga sekitar, di lokasi penyimpanan pembangkit listrik didiami sepasang kakek-nenek. Warga sekitar pun pernah bertemu kedua orang itu. Bahkan sempat ditanya oleh warga tentang apa yang dilakukan di lokasi sempit dan pengap tersebut.

“Nenek itu bilang mau buang air kecil, pas mau diantar orangnya ngilang,” kisahnya.

Sementara itu, seorang warga, Jajad (45), mengakui bahwa gedung bekas Galaxy Teater itu memang terkenal angker. Bahkan, dirinya sendiri pernah merasakan hal ganjil yang tak bisa diterima akal sehat.

“Suara orang main biliar tengah malam sudah sering dengar, padahal sudah tutup,” kata Jajad.

Menurutnya, hantu sering menampakkan diri di depan warga sekitar yang sedang berjalan sendiri di belakang gedung. “Warga banyak yang sudah nemuin dan sampai sekarang memang sudah terkenal angker,” katanya.

Bioskop Galaxy yang terbengkalai sejak 18 tahun silam, juga dikenal dengan nama Bioskop Atom. Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai ajang uji nyali untuk program salah satu televisi swasta.

Seorang presenter cantik dari salah satu stasiun televisi itupun memberi kesaksiannya saat mendatangi Bioskop Atom.

“Begitu sampai di bioskop saya langsung merasakan suatu energi besar yang memang kebanyakan negatif. Punggung ini rasanya berat. Napas saya juga terasa sesak dan berkali-kali mencium bau amis dan busuk,” ungkapnya melalui fanpage-nya.

Dari penuturannya, studio di bioskop itu dihuni makhluk-makhluk halus. Ada yang jahil, ada yang terus menangis, ada juga sosok nenek jahat berambut gimbal yang sangat mengerikan.

“Dari semua, ada satu sosok yang menarik perhatian saya. Dia yang terus mengikuti. Bau amisnya menusuk sampai saya rasanya mual. Ini sundel bolong! Badan saya bergetar waktu itu, jujur.. lumayan ngeri dengan sosok ini,” tuturnya di laman fanpage-nya.

Meski angker, Gedung Galaxy itu kini sedang dalam tahap pemugaran. Rencananya, oleh pihak manajemen Galaxy Theatre, gedung itu akan dijadikan balai pertemuan.

Reactions:

1 komentar:

  1. Maaf, setau aku bioskop galaxy sm atom beda, kalo galaxy baru beberapa tahun terakhir ditutup, karena th 2013 masi beroperasi, sedangkan bioskop atom lokasinya bukan ditajur

    BalasHapus