Rabu, 02 Agustus 2017

Satu Pekan Kemarin Istana Bogor Terbuka Untuk Umum

Istana Bogor sejak kemarin dibuka untuk umum dan berlangsung sampai 28 Juli mendatang. Keterbukaan ini dikemas dalam acara tahunan Istana Bogor Untuk Rakyat (Istura) dan Museum Open 2017. 

Lewat acara ini, publik bisa berkeliling ke beberapa bagian Istana Kepresidenan itu. Memang tak semua, sebab istana ini sering dipakai oleh Presiden Joko Widodo untuk tinggal atau menggelar acara. 

Saat dibuka kemarin, ratusan pengunjung dari berbagai daerah sudah antre dan tak sabar untuk memasuki istana itu. Salah satunya Silvi. Warga DKI Jakarta ini mengetahui Istura dan Museum Open 2017 dari media sosial sejak beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, dirinya bersama sejumlah temannya langsung datang dan mendaftarkan diri di Plaza Balai Kota.

"Penasaran saja, kebetulan memang kami belum pernah masuk ke dalamnya. Selama ini kan paling lihat di televisi atau lagi kebetulan ke Bogor cuma lewat depannya saja dari kejauhan. Keren ini acaranya, sudah nggak sabar kita pengen cepat masuk," ujarnya antusias, seperti dikutip Antara.

Hal senada dikatakan Boni, pengunjung lainnya. Ia pun mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti Istura dan Museum Open 2017. Bahkan dia sengaja mengambil cuti untuk dapat mengikuti kegiatan ini. "Tadi saya sama keluarga berangkat subuh, soalnya takut jalanan macet dan terlalu siang. Alhamdulillah sampai sini masih pagi, sebentar lagi saya mau masuk," ungkap warga Sukabumi itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi, mengatakan kegiatan ini memang selalu mengundang antusiasme publik. "Banyak dari masyarakat yang ingin masuk dan melihat lebih dekat istana, meskipun untuk tahun ini tidak lagi bisa masuk ke area dalam. Meskipun demikian, antusiasme masyarakat masih tetap tinggi," kata Shahlan.

Setiap tahunnya, lanjut Shahlan, animo masyarakat untuk mengikuti Istura dan Museum Open ini selalu tinggi. Tapi dia mengakui ada kecenderungan terjadinya penurunan jumlah pengunjung sejak area dalam istana ditutup mulai 2014 lalu. Total pengunjung hingga saat ini sudah mencapai 40 ribu. 

Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan meski ada pembatasan, pengunjung tetap antusias mengikuti kegiatan Istura. Acara ini sendiri, kata dia, tak lepas dari perjalanan sejarah republik ini. “Jadi begitu nanti di dalam (area istana) akan merasakan bagaimana dekatnya Bogor dengan jantung negara Republik Indonesia,” katanya.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar