Kamis, 03 Agustus 2017

Bupati Bogor Rencanakan Akan Membuat Pasar Grosir di Daerah Bogor

Keberhasilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menginspirasi daerah lain. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Bupati Bogor Nurhayanti berbicara kepadanya terkait hal itu usai acara Rakornas VIII TPID di Grand Sahid Jaya pada Kamis (27/7/2017) pagi.

"Waktu saya pulang tadi, saya didekati oleh Bupati Bogor (yang bilang) bagaimana kalau kita bikin pasar grosir di wilayah Bogor," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis siang.

Menurut Djarot, dengan cara itu Provinsi DKI Jakarta bisa mendapatkan bahan pokok dari Bogor yang sudah siap pakai. Djarot, mengatakan, Pemprov DKI juga memilki pasar grosir yang akan segera diresmikan, yaitu JakGrosir yang akan diresmikan bulan depan.

"Ini untuk memperkuat juga TPID.  Termasuk membangun JakMart. JakMart kami bangun di RPTRA-RPTRA kita," ujar Djarot.

Dalam acara itu, Djarot berbagi resep untuk menjaga inflasi kepada perwakilan daerah lainnya. Djarot mengatakan, resep pertama yakni menyinergikan peran tiap-tiap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Faktor lain yang membuat TPID Jakarta menjadi yang terbaik yakni adanya mesin control atmospher storage (CAS). Djarot mengatakan, mesin tersebut bisa digunakan untuk menyimpan cabai agar lebih awet. Djarot menyarankan kepada pemerintah daerah lain agar memiliki alat itu juga. Pemprov DKI juga melakukan farming contract dengan daerah-daerah.

"Jadi kami kerja sama untuk mengumpulkan bahan yang kita butuhkan, kita langsung beli dan kita masukkan dalam mesin," kata Djarot.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar