Jumat, 21 April 2017

Eceng Gondok Disulap Menjadi Kerajinan Tangan Bernilai Jutaan Rupiah

Eceng gondok yang dikenal sebagai salah satu penyebab banjir, ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai minyak atau gas. Namun, juga dapat menjadi kerajinan tangan yang unik.

Seperti di kabupaten Aceh Barat, Aceh, ibu-ibu beramai-ramai menyulap eceng gondok menjadi kerajinan unik sehingga bisa menghasilkan jutaan rupiah. Seperti kerajinan tas, sepatu dan barang-barang lainnya yang tak kalah menariknya dengan yang dijual pasaran

Proses pengolahan eceng gondok ini sangatlah sederhana. Pertama-tama, eceng gondok yang berada di bantaran sungai diambil dan olah dengan cara menjemur ke hingga kering. Setelah itu baru lah eceng gondok dianyam sesuai keinginan atau pesanan konsumen.

Ya, satu hasil kerajinan tangan yang di hasil berupa tas dibanderol seharga Rp100 ribu. Meski harga tidak tergolong mahal namun juga bahan ini ramah lingkungan.

Tak tanggung-tangung dalam satu bulan para ibu-ibu ini bisa berpenghasilan puluhan juta rupiah bahkan sudah ada yang mencapai ratusan juta rupiah.

Sebelumnya para kaum ibu-ibu di sana belum mengetahui cara bagaimana memanfaatkan eceng gondok yang dianggap biang penyebab banjir ini. Namun, berkat pelatihan yang diberikan oleh para mahasiswa/kini warga bisa memanfaatkan eceng gondok menjadi sumber penghasilan baru.

Katijah, perajin tas eceng gondok mengaku kalau tanaman eceng gondok yang selama dibuang begitu saja ternyata bisa dijadikan berbagai kerajinan.

Kini, di tangan para ibu ini, tanaman eceng gondok yang dianggap menjadi sumber masalah banjir/telah menjadi tanaman yang sumber pendapatan baru bagi warga.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar