Jumat, 03 Maret 2017

Tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang Segera Dibangun, Sambungkan Bogor-Bandung

Selain jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pemerintah berencana membangun lagi jalan tol yang menyambungkan Sukabumi-Ciranjang-Padalarang. Dengan adanya jalan tol ini, maka pengguna jalan dari arah Bogor menuju Bandung akan punya alternatif jalan tol yang bisa dilalui.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna.

Selama ini, sambung Herry, arus kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Bandung terkonsentrasi di ruas jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Akibatnya, beban ruas ini sangat tinggi dan sering terjadi kemacetan. Terutama saat hari libur akhir pekan dan libur-libur nasional.

Dengan pembangunan ini, maka perjalanan ke Bandung bisa dilayani dengan jalan tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang yang tersambung dengan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang proses pembangunannya tengah berjalan dan terhubung dengan jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang sudah beroperasi saat ini.

"Dari Jakarta ke Bandung itu kan kalau lewat puncak, harus dari Jagorawi ke Sukabumi dulu. Dari Sukabumi harus ke Ciranjang baru ke Padalarang. Nah kita perlu percepat rute yang dari Sukabumi ke Bandung, sehingga lalu lintas Jakarta-Bandung punya opsi. Tidak semua lewat Cipularang," kata Herry.

Jalan tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang bakal dibangun sepanjang 60 km dan terbagi dalam dua bagian. Menurut data BPJT, bagian pertama adalah jalan tol ruas tol Sukabumi-Ciranjang sepanjang 28 kilometer akan menelan biaya investasi senilai Rp 1,46 triliun, biaya tanah Rp 129 miliar dan biaya konstruksi 82 miliar. Sementara bagian kedua adalah tol Ciranjang-Padalarang rencananya membentang sepanjang 33 kilometer dan membutuhkan biaya investasi senilai Rp 3,57 triliun.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar