Senin, 20 Maret 2017

Kain Lukis yang Produksi Kreatif dari Kampung Petoran Jebres bisa Terkenal Hingga Internasional

Salah satu produk kreatif asal Kampung Petoran, Jebres, Surakarta, menembus pasar dunia. Produk tersebut adalah kain lukis produksi Nasrafa yang dibuat oleh para seniman muda.

Mulai pagi hingga sore hari sejumlah pemuda asyik "menggoyangkan" kuasnya di atas kain. Mereka adalah para pelukis kampung yang biasanya melukis di atas kanvas atau tembok.

Tiga tahun silam, si pemilik usaha yakni Yani Mardiyanto mengajak para seniman tersebut melukis di bidang kain. Meski harus beradaptasi, para seniman kini sudah paham cara melukis kain yang benar.

Berkat keindahan dan kualitas produk, kain lukis produksi Nasrafa telah menembus pasar Eropa, Kanada, Amerika, dan Timur Tengah. Bahkan, Tim Kreatif Nasrafa kini tengah mempelajari pasar Jepang untuk meluaskan sebaran produknya.

Selama ini pameran berskala nasional maupun internasional menjadi ujung tombak pemasaran produk produk-produk Nasrafa. Tentu saja, kualitas produk dan kreativitas tetap menjadi perhatian utama untuk menembus pasar lokal dan mancanegara.

Dalam satu bulan, empat seniman lukis Nasrafa mampu mengerjakan 1.000 lebih bahan kain yang dijadikan berbagai jenis pakaian. Harga pakaian lukis di Nasrafa berkisar Rp50.000 hingga jutaan rupiah.

Ke depan, Yani menyatakan ingin membuat Nasrafa lebih dikenal di kancah dunia sebagai usaha besar asal Surakarta, Indonesia. Selain itu, dia juga bercita-cita mengajak lebih banyak anak muda lagi di kampungnya agar mereka tak terjerumus ke hal-hal negatif.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar