Selasa, 28 Maret 2017

Diet Bebas Gluten Tingkatkan Resiko Diabetes

Menghindari gluten atau melakukan diet bebas gluten kini sedang 'naik daun' setelah beberapa selebriti Hollywood melakukan program menguruskan badan ini. Ryan Gosling dan Oprah Winfrey paling sukses melakukan diet ini. 

Awalnya, diet ini dijalankan pada mereka yang memiliki alergi. Dengan diet bebas gluten membuat orang merasa lebih sehat dan terlihat lebih langsing. Kini, banyak dari mereka yang tidak memiliki alergi pun akhirnya berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Gluten adalah protein pengikat yang bersifat lengket dan elastis. Gluten banyak ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, jelai dan spelt.

Bagi mereka yang tidak setuju dengan diet ini, studi terbaru ini bisa jadi akan memperkuat argumen mereka.

Dilansir Independent, peneliti dari Universitas Harvard menemukan hubungan diet bebas gluten dengan diabetes tipe 2. Diabetes adalah di mana pankreas tidak cukup memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2, seperti dilansir Alo Dokter, adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak efektif menggunakan insulin. 

Bagi penderita penyakit Celiac atau kondisi di mana seseorang tidak mampu mentolerir gluten, gluten jelas harus dihindari karena alasan medis. 

Pengidap Celiac yang mengonsumsi makanan mengandung gluten dapat berakibat peradangan pada usus kecil. Selain merusak jaringan usus, hal ini dapat menghalangi proses penyerapan nutrisi makanan yang penting bagi tubuh.

Sedangkan bagi mereka yang menghindari gluten karena gaya hidup, peneliti memperingatkan bahwa hal ini membawa dampak buruk.

Hasilnya bisa dipercaya karena ukuran dan skala studi ini yakni asupan gluten dari 200 ribu orang selama lebih dari 30 tahun.

Studi observasi jangka panjang ini menemukan bahwa 20 persen partisipan yang mengonsumsi gluten paling banyak, punya 13 persen peluang lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2 dibanding dengan mereka yang paling sedikit mengonsumsi gluten.

"Saran dari penelitian ini, bahwa mengonsumsi gluten bisa menurunkan resiko perkembangan diabetes," kata ketua riset, Geng Zong dari Fakultas Nutrisi, Universitas Harvard.

Dia memperingatkan makanan bebas gluten menjadikan makanan itu kurang bernutrisi karena kurang serat pangan dan nutrisi lain.

"Orang yang tidak menderita Celiac bisa membatasi asupan gluten mereka untuk mencegah penyakit kronis, khususnya diabetes," tambahnya.

Bagaimanapun hal ini belum begitu jelas apakah gluten merupakan penyebab diabetes tipe 2, atau makanan lain yang mengandung protein.

"Bisa jadi makanan lain yang anda pikir mengandung gluten, kita cenderung menemukan semua biji-bijian, yang diasosiasikan dengan reduksi resiko diabetes, jelas profesor ilmu nutrisi dari Universitas Canberra, Duane Mellor.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar