Senin, 27 Maret 2017

Bisnis Usaha yang Manfaatkan Bambu Dengan Lukisan

Harga sebatang bambu biasanya tak jauh pada kisaran Rp10 ribu rupiah per batang. Namun, di tangan seniman lukis, sebatang bambu bisa berharga jutaan Rupiah setelah jadi lukisan.

Karya seni lukis bambu hitam ini merupakan kreasi seniman asal Wonogiri, Jawa Tengah. Di tangan Saimin dan Pancoko, warga kampung Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, bahan baku lukisan yang hanya berupa bambu hitam seharga Rp10 ribu per-batang berubah menjadi lukisan mewah. Sebatang bambu kreasi lukis Saimin dan Pancoko ini bisa berharga jutaan Rupiah.

Proses pembuatannya sederhana, bambu hitam yang masih basah dipotong sesuai ukuran. Sebelum diukir, potongan bambu ditempel kertas pola gambar dengan lem dan kemudian diukir dengan pahat. Setelah itu, kertas-pun dilepas dan dilanjutkan dengan mengupas kulit bambu untuk menampilkan corak lukisan.

“Selanjutnya, batang batang bambu tersebut dibelah sama besar dan disusun kembali dalam bingkai lukisan,” ujar Saimin.

Lukisan ukir yang dibuat Saimin dan Pancoko ini kebanyakan bertemakan religi, dunia pewayangan, dan tokoh tokoh ternama. Harga lukisan pun berfariasi, mulai Rp50 ribu hingga jutaan Rupiah, tergantung kerumitannya. Kedua seniman ini-pun belakangan ini mulai kuwalahan melayani pesanan dari Yogyakarta, Bali dan Jakarta.

Seni lukis bambu karya saimin dan pancoko ini sering disebut seni kriya. Seni kriya merupakan teknik paduan fungsi dan nilai keartistikan sebuah karya seni lukis. Meski bahan bakunya sederhana, karya seni lukis kriya bisa bernilai puluhan juta Rupiah.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar