Rabu, 01 Februari 2017

Panen Ikan Bandeng Saat Imlek Bisa Meraup Keuntungan Jutaan Rupiah

Para pemilik tambak bandeng di Indramayu, Jawa Barat memulai panen ikan bandeng. Terutama bandeng berukuran besar. Seperti halnya di areal tambak di desa Cantigi, Indramayu.

Beberapa hari menjelang perayaan tahun baru Imlek, tambak bandeng ini sudah mulai dipanen. Ikan bandeng ini berukuran cukup besar dengan bobot rata rata lebih dari 1,5 kilo gram per ekornya, bahkan bisa mencapai lebih dari 2,5 kilogram per ekor.

Bandeng di Cantigi ini, memang dikenal sebagai bandeng Imlek. Selain ukuranya jumbo, bandeng ini selalu dipanen satu tahun sekali menjelang perayaan Imlek, sehingga harus bandeng berukuran besar, yang biasa di sukai oleh warga Tionghoa yang akan merayakan peringatan tahun baru Imlek.

Maka tak heran jika petani tambak ini meraup keuntungan yang sangat besar hingga puluhan juta rupiah.

Seperti halnya tambak milik haji Darsam. Dalam panen pertamanya di 2 kolam dari beberapa kolam bandeng yang dimilikinya, ia memanen sebanyak lebih dari 5 ton ikan bandeng jumbo.

"Untuk menghasilkan bandeng berukuran besar ini membutuhkan waktu lebih dari satu tahun dan pemeliharaan yang rutin. Setelah bandeng ini dipanen, kemudian disortir dengan memisahkan bandeng yang besar dan yang berukuran sedang," ungkapnya.

Bandeng-bandeng yang besar ini lah yang dikirim ke beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan beberapa kota lainya. Biasanya panen bandeng di desa Cantigi ini dilakukan selama satu minggu menjelang hingga mendekati perayaan Imlek. Di tingkat petani bandeng Imlek ini mencapai harga lebih dari Rp40.000 per kilogram.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar