Senin, 27 Februari 2017

Kisah Sukses Memelihara Bibit Ikan Lele

Rumah sederhana berukuran 200 x 17 meter persegi di Desa Gunungraja Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, kerap dikunjungi petani tambak ikan air tawar.

Sunarto atau akrab disapa Narto, si pemilik rumah, ternyata menjual benih ikan jenis lele berkualitas. Ia menekuni bisnis tersebut sejak 2010. Tepatnya sejak pindah dari Kediri, Jawa Timur

Setiap hari, rumahnya tak pernah sepi. Selalu ada saja yang datang untuk membeli bibit. Ada pula yang sekadar berkonsultasi cara membudidayakan ikan air tawar.

Mahyudin, Ketua Kelompok Tani Jakasuma di Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari, adalah satu di antaranya.

"Sengaja saya datang ke rumah Pak Narto untuk belajar dan menyakinkan donatur yang akan memberi modal kami memelihara ikan. Kami punya embung di desa yang sayang jika tak dimaksimalkan memelihara ikan lele," ujarnya.

Ikan lele yang dibudidayakan Narto adalah jenis sangkuriang, jenis domba, serta jenis silang. Jika siap ditebar di kolam, cukup satu bulan lebih sudah siap dipanen.

Pemeliharaannya pun mudah. Ikan lele cukup memberi pakan dan mengikuti intruksi Narto, maka keuntungan yang diperoleh akan berlipat ganda.

Narto menjamin dan memberi garansi uang kembali, jika petani pemula yang memulai usaha tambak ikan lele tidak bisa panen dalam waktu 1,5 bulan atau 2,5 bulan.

Keberanian Narto menggaransi benih ikan miliknya bisa dipanen itu karena tak ingin mengecewakan. Apalagi benih ikan lele sudah mendapatkan sertifikasi dari Balai Benih Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Jika petani panen ikan lele, Narto juga turut menjamin pasar tetap membeli dengan harga tinggi. Sebab, pembelinya sudah tetap dan mengetahui kualitas ikan lele yang dipelihara binaannya.

Jaminan pasar itu yang menarik perhatian Mahyudi. Ia ingin membentuk Pokdakan di Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari.

Puryanto, Ketua Pokdakan Sumber Rezeki di Desa Bumijaya mengaku merupakan binaan Narto. Ia mendapatkan bibit benih ikan lele di Gunungraja, karena jaminan garansi dan pasar ikan lele yang jelas.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar