Senin, 27 Februari 2017

Bisnis Menjodohkan Ikan Louhan Bisa Meraup Ratusan Juta

Berawal dari hobi, seorang pemuda 22 tahun asal Palembang, Hendra Saputra kini sedang menikmati manisnya bisnis budidaya ikan louhan. Kemampuannya menjodohkan pasangan ikan louhan membuatnya mampu membudidayakan ratusan ikan louhan di kediamannya jalan Sultan Agung Satu Ilir, Palembang.

Setiap hari di gerainya, Hendra selalu rajin memberikan perawatan kepada ratusan ikan louhan yang siap jual. Ya, ikan louhan yang sempat booming di tahun 2000-an, kini kembali bergairah setahun terakhir. Jenis ikan louhan hasil ternaknya seperti asedece orithailand kini menjadi penopang hidup keluarga mahasiswa di Palembang ini.

Kemauannya terus belajar membuatnya fasih dengan tingkah pola ikan hias ini. Salah satunya kemampuan menjodohkan pasangan ikan louhan.

“Identik tergantung indukan jika ingin menjodohkan jadi pada saat proses perjodohan tadi jika kita melihat indukan betina terlalu agresif untuk menjauh atau melakukan kontak fisik kepada pejantan sebaiknya tidak usah dilanjutkan. proses ini berlangsung selama seminggu,” ujarnya.

Tekniknya cukup lazim, bahwa seorang pejantan memerlukan banyak betina untuk perkembangbiakan. untuk itu butuh waktu selama satu minggu untuk memastikan perjodohan. awalnya ikan diberi sekat, jika terlihat tertarik tinggal disatukan dan setelah proses perkawinan, sang betina akan bertelur di mangkuk cobek yang disiapkan sehari setelahnya. kelahirannya bisa mencapai ratusan anakan.

Anak-anakan ini harus dipisahkan di akuarium lain dan harus rajin mengganti air, hal ini untuk menghindari serangan penyakit. Ikan yang layak jual berumur mulai sebulan hingga delapan bulan dengan harga Rp150 ribu hingga Rp10 juta. Hendra mampu meraih pendapatan jutaan rupiah per bulan.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar