Senin, 27 Februari 2017

Bermodal 5juta, Pria ini Bisa Merubah Rotan Menjadi Alat Rumah Tangga

Di era modern saat ini, ternyata masih banyak warga yang menyukai perabotan rumah yang terbuat dari kayu rotan, seperti yang terjadi di kota Palembang, Sumatera Selatan.

Peluang ini ditangkap seorang pemuda untuk dijadikan lahan peluang usaha yang menjanjikan dan menjadi pendulang rupiah bagi keluarganya. dengan area pemasaran diwilayah sumatera, ia kini menjadi jutawan.

Di sebuah rumah sederhana di jalan perindustrian, Palembang, terdapat usaha rumahan kerajinan rotan yang masih bertahan di tengah gempuran produk impor. Seorang pemuda, 24 tahun Irman Gusman kini sedang merasakan manisnya bisnis rumahan ini.

Tidak seperti warga kebanyakan yang ingin bekerja diperusahaan atau pemerintahan, Irman mengambil jalan sebagai pelaku UMKM yang mampu membuka lapangan kerja bagi para tetangga. Dua pegawainya merupakan mantan pekerja di pabrik rotan yang sudah bangkrut.

Berbekal modal Rp5 juta Ia merintis usaha ini sejak tiga tahun lalu. Seluruh perabotan apapun ia sediakan dengan harga jual mulai Rp1 juta hingga Rp5 juta.

Iapun menerapkan sistem negosiasi dalam penjualan produknya sehingga harga jual bisa dibawah harga toko. Hasilnya ia menjadi penyuplai di wilayah sumatera.

Untuk membuat kerajinan rotan ini, bahan diambil dari kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, dan waktu pengerjaan selama satu minggu.

"Kreasi kita dari kerajinan rotan dengan buat furniture saya pilih bisnis ini karena barangnya banyak peminat yang ingin produknya awet dan unik," ujarnya.

Pengerjaan dilakukan secara manual sehingga produk terlihat unik dan limited edition. Pengerjaan mulai dari pemilihan bahan, pembakaran rotan, perangkaian, penyulaman dan penyelesasian.

Irman pun kini meraup pendapatan jutaan rupiah, jauh lebih besar dibandingkan jika ia bekerja pada orang lain.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar