Senin, 09 Januari 2017

Pasar Gunung Batu Menjadi Percontohan di Kota Bogor

Unit Pasar Gunung Batu kali ini memiliki cara tersendiri menjaga kebersihan. Pasar Gunung Batu kini menjadi pasar bersih percontohan di Kota Bogor. Sehingga kenyamanan bagi pengunjung saat berbelanja menjadi hal penting bagi pengelola pasar rakyat.

“Pasar yang bersih akan menjadikan pengujung dan pedagang nyaman. Oleh karena itu motto PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) adalah 'Pasar Bersih, Belanja Nyaman'. Kami mempunya trobosan untuk menjaga kebersihan pasar, yang diharapkan bisa menjaga kebersihan pasar,” ungkap Kepala Unit Pasar Gunung Batu, Andrian Hikmatulloh.

Andrian juga mengatakan, saat ini Pasar Gunung Batu memiliki tiga petugas kebersihan yang bekerjasama dengan Koperasi Karyawan (Kopkar) untuk menjaga kebersihan pasar. Dua orang petugas bertanggung jawab kebersihan lantai dasar dan lantai atas.

"Sementara seorang lagi spesialis masuk sore hari karena beban kerjanya lebih banyak untuk menjaga kebersihan setelah aktivitas pasar seharian," terangnya.

Pria yang akrab disapa Nde tersebut, mengaku sering berkeliling pasar untuk memantau kondisi pasar dan mengingatkan kepada petugas kebersihan jika ada sampah berserakan segera dibersihkan. “Biasanya saya keliling dan meyapa pedagang langsung. Saya juga meminta kepada petugas kebersihan untuk berkeliling pasar setiap 30 menit sekali. Jadi pemantauan yang saya kedepankan, pemantauan secara intens,” tuturnya.

Pasar Gunung Batu juga akan dimulai melaksanakan Jum’at Bersih pada malam hari untuk membersihkan sudut-sudut pasar yang sulit dijangkau jika dilakukan pada pagi hari karena aktivitas pasar yang padat. Untuk itu Andrian berysukur, sebagain besar pedagang sudah peduli dengan kebersihan pasar yang harus dijaga bersama. “Alhamdulillah sebagain pedagang sudah peduli, tetapi masih ada sebagian kecil saja yang kurang peduli. Kami sudah dan akan terus mengingatkan agar pedagang dapat bersama-sama menjaga kebersihan pasar agar semua menjadi nyaman, tidak menggangu pengujung ataupun pedagang lainnya,” jelasnya.

Andrian yang siap menjaga kebersihan pasar bersih di Kota Bogor itu mengeluhkan jika kontainer sampah lambat datang, karena hal tersebut kerap menimbulkan penumpukan sampah. “Jika kontainer sampah telat datang, seperti kejadian beberapa waktu yang lalu, petugas kebersihan mengakali dengan menyembunyikan sampah di tempat yang tidak banyak dilalui oleh masyarakat,” katanya.

Sumber: http://goo.gl/EUeOKe"

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar