Rabu, 11 Januari 2017

Banyak Permintaan Bunga Krisan Ini, Hingga Kantong Juga Berkembang

Pesanan bunga Krisan mulai naik sejak pertengahan Desember hingga menjadi berkah bagi petani bunga di Dukuh Clapar, desa Duren, Bandungan, Semarang. Mereka memanen bunga Krisan untuk memenuhi pesanan pelanggan yang datang dari berbagai daerah.

Tak hanya permintaan bunga yang melonjak, harganya pun melambung dari semula hanya Rp15.000 per ikat, kini menjadi Rp30.000 per ikat. Bila sebelumnya seorang petani hanya memasok 200 ikat, kini mereka harus menyediakan sekitar 500 ikat bunga Krisan ke pasar Bandungan.

Selanjutnya, bunga Krisan aneka warna itu akan dikirim ke berbagai kota seperti Solo dan Semarang. Bunga Krisan yang cantik dan warna-warni dipilih menjadi penghias ruangan, karena mampu bertahan hidup hingga dua pekan setelah dicabut dari akarnya.

"Harga bunga Krisan diperkirakan masih akan bertahan di level atas, karena saat ini bertepatan dengan libur sekolah, sehingga permintaan akan tetap tinggi," ujar Petani Bunga Krisan, Sugianto.

Cuaca buruk akhir-akhir ini cukup berpengaruh pada menurunnya produksi bunga Krisan. Bahkan sejumlah petani terpaksa menunda panen, karena bunga Krisan belum cukup mekar, hingga harganya melambung.

Sumber: http://goo.gl/35iltn"

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar