Jumat, 30 Desember 2016

Proyek Tol Bocimi Terus Dikebut Sehingga Bogor ke Pelabuhan Ratu Diperkirakan Hanya 45menit

Pembangunan proyek tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) terus dikebut. Pemerintah Jawa Barat menargetkan tol Bocimi beroperasi mulai tahun 2017 mendatang.

Tol Bocimi bisa menjadi solusi masalah kemacetan parah yang selama ini dikeluhkan warga maupun pengusaha. Jika tol ini tuntas, waktu tempuh Bogor ke Pelabuhan Ratu Sukabumi diperkirakan hanya 45 menit.

“Selama ini Bogor Sukabumi 5 kilometer bisa ditempuh 5 jam sampai 6 jam. Kalau tol Bocimi sudah jadi, dari Bogor ke Pelabuhan Ratu cukup 45 menit,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa saat menjadi pembicara dalam acara Obsesi (Obrolan Santai Mencari Solusi) di Graha Pena

Dikatakan Iwa, Bogor dan Sukabumi ibarat simbiosis mutualisme. Dua daerah bertetangga ini saling membutuhkan. Namun salah satu yang menjadi kendala utama adalah infrastruktur. Karena itu, kehadiran tol Bocimi akan menjawab masalah kemacetan yang selama ini dikeluhkan.

Dikatakan Iwa, proyek tol Bocimi akan berlanjut dari Sukabumi ke Cianjur, kemudian lanjut ke Bandung. Tapi pembangunannya dilakukan secara bertahap.

“Kita jangan bicara Ciranjang (Cianjur) dulu sebelum Bocimi. Ini dulu yang kita tuntaskan,” tambah Iwa.

Tahun 2017 nanti, lanjut Iwa, tol Bocimi sepanjang 15 kilometer dari Ciawi ke Cigombong akan tuntas. Selanjutnya, dari Cigombong ke Cicurug Sukabumi tuntas tahun 2021 mendatang.

“Tahun 2017, harus beres antara Ciawi dan Cigombong. Ini yang paling parah kemacetannya. Insya Allah secara bertahap kita bereskan. Desember 2017 sudah harus selesai,” pungkas Iwa.

Jalan tol Bocimi yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Toll ‎yang investor utamanya adalah MNC Group ini terdiri atas 4 seksi.

Seksi I Jalan Tol Bocimi yakni Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km. Selanjutnya seksi II Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, lalu seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km dan seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,03 km. Total panjang proyek tol Bocimi yakni 53,6 Km.

Sumber: http://goo.gl/0cI4uf

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar