Kamis, 22 Desember 2016

Manfaatkan Liburan di Hari Natal dan Tahun Baru Tanpa Ada Rasa Bersalah

Pengelola pusat perbelanjaan atau mal biasanya memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru dengan menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya memberi program obral diskon hingga midnight sale.

Program ini biasanya dinanti oleh masyarakat terutama kaum perempuan untuk mendapatkan barang terutama barang bermerek dengan harga lebih murah. 

Akan tetapi, tak selamanya barang diskon tersebut memang benar-benar murah, Anda juga harus cermat untuk memilih barang diskon. Hal itu agar tidak membuat kantong terkuras hanya dengan berbelanja saja.

Perencana Keuangan One Shildt Financial Budi Raharjo menuturkan, tawaran diskon biasanya ada "pemanis" yang diberikan misalkan diskon hingga 80 persen. Hal ini untuk menarik perhatian saat berbelanja. 

Meski demikian, agar tidak boros atau terkena buaian diskon 80 persen, Budi menilai sebaiknya melakukan survei dahulu sebelum berbelanja barang diskon agar benar-benar dapat barang dengan harga hemat.

"Sebelum belanja survei (dahulu). Jangan sampai datang ke midnight sale ujung-ujungnya itu barang harganya mahal," ujar.

Ia menambahkan, bila mendapatkan barang dan kualitas baik dengan harga benar lebih murah dari sebelumnya maka itu dapat menguntungkan. Bila terjadi sebaliknya maka itu kurang memberikan manfaat karena harganya sama saja. 

Selain itu, Budi mengingatkan saat belanja diskon sebelumnya terlebih dahulu merencanakan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan bukan diinginkan.

"Sebaiknya beli barang yang kita perlukan. Kadang beli barang diskon tanpa rencana nah ini bisa buat seseorang tak terkendali maka hindari itu," tutur Budi.

Saat berbelanja juga sebaiknya menghindari untuk menggunakan kartu kredit. Hal ini agar dapat mengendalikan belanja terutama saat ada tawaran diskon. 

Budi menuturkan, bila memang menggunakan kartu kredit saat berbelanja sebaiknya program diskon itu bekerja sama dengan bank atau penerbit kartu kredit agar lebih besar mendapatkan harga spesial. Pastikan juga Anda memiliki dana untuk melunasi tagihan kartu kredit agar utang tidak menumpuk.

Sumber: http://goo.gl/ESVeKY

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar