Kamis, 01 Desember 2016

INSPIRASI BISNIS: Hanya Rp7,5 Juta, Rintis Bisnis dengan Jual Donat Bakar

Bisnis tidak selalu identik dengan uang atau dana besar untuk memulai suatu usaha. Walaupun memiliki modal kecil, impian menjadi pengusaha tetap bisa diwujudkan.

Bisnis dengan modal kecil seperti ini bisa dilakukan dengan membuka franchise atau waralaba. Calon pengusaha harus jeli saat menetapkan waralaba apa yang dipilih sesuai dengan dana. Ini penting, karena menentukan ke depan usahanya seperti apa, maju atau tidak.

Bisnis ini cukup unik karena belum banyak pengusaha donat, yang menyajikan donatnya dalam sajian dibakar. Selain itu, dana untuk memulai bisnis Dokar tidak begitu besar hanya Rp7,5 juta.

Pengelola Dokar Soleh menjelaskan, Dokar merupakan donat yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Semua produksi donat dilakukan di tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ini.

Menurutnya, bisnis donat bakar belum banyak digeluti banyak pengusaha. Sejauh ini, Dokar sudah ada dibuka di 70 outlet Dokar yang tersebar di Indonesia.

"Kita sudah mulai usaha waralaba Dokar sejak 2008. Sampai sekarang sudah ada 70 outlet dan sudah ada di luar Jawa juga," tuturnya kepada Okezone. 

Dirinya melanjutkan, dalam usaha tidak ada yang bisa memastikan untung atau rugi. Jika berusaha keras pasti ada hasil yang pantas saat diterima. Begitu juga dengan Dokar, Soleh tidak bisa memberikan jaminan apakah Rp7,5 juta bisa kembali atau tidak.

Namun berdasarkan pengalaman pembeli waralabanya, hampir semua telah balik modal dan sudah memperoleh keuntungan. 

"Yang kita kasih kalau mau franchise itu satu gerobak berwarna hijau, perlengkapan komplit seperti, selai, donat. Kalau kapan balik modal saya tidak tahu, tergantung dari orangnya masing-masing,"ujarnya. 

Soleh menambahkan, untuk keuntungan penjualan Dokar, Rp1.500 sampai Rp3.000 per donat. Dengan perhitungan, satu donat Rp1.500 ditambah biaya bakar dan selai Rp1.000 dengan harga jual Rp4.000-Rp5.000. 

"Yang bikin beda, donat kita bisa dibuat 40 rasa berbeda dari cokelat sampai comond. Semua topping bisa dipesan," ujarnya.

Sumber: http://goo.gl/fRd5br

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar