Senin, 05 Desember 2016

Cegah Longsor di Bogor, 700 Bibit Pohon Ditanam di Lahan Kritis

Sebanyak 700 bibit terdiri dari buah-buahan dan Mahoni ditanam di lahan krisis Ciranjang, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat kemarin. Penanaman pohon diselenggarakan guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia.

Suasana yang mendung sehabis hujan dan tanah yang basah dan licin tidak menyurutkan semangat peserta untuk tetap menanam pohon. Sedikitnya 300 orang ikut berpartisipasi pada acara ini. Mulai dari siswa SD, SMP, Komunitas Pecinta Alam, Karang Taruna, dan jajaran Muspida. Penanaman pohon dipimpin langsung Wali Kota Bogor Bima Arya.

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor Irwan Rianto mengatakan, penanaman pohon di lahan ini sebagai bentuk konservasi. Pasalnya, lahan ini berada di bukit tinggi yang lahannya kosong alias kritis dan dapat menyebabkan longsor.

Menurut Irwan, terdapat beberapa titik lahan kritis di Kota Bogor. Sehingga penanaman pohon tidak akan berhenti sampai di sini saja tetapi akan berlanjut di momen-momen selanjutnya selama satu tahun. Setiap melakukan penanaman pohon pihaknya akan selalu mengikutsertakan anak sekolah agar mereka bisa lebih mencintai lingkungan.

"Masih ada 300 bibit pohon yang akan didistribusikan ke lahan lainnya lewat Camat dan Lurah. Diharapkan dengan menanam pohon ada keberlanjutan lingkungan hidup dan bisa menurunkan efek pemanasan global," terangnya.

Sementara itu, Bima Arya menambahkan, penanaman pohon ini berlangsung di tempat yang luar biasa indah karena bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Salak dengan suasana yang sejuk. "Lahan kritis ini harus dijaga bersama dan mari menanam pohon di seluruh Kota Bogor agar kota ini indah dan sejuk," ujarnya.

Sumber: Sumber: http://goo.gl/lk4htC

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar