Selasa, 20 Desember 2016

Ancol Menyiapkan Wahana Baru Untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Menyambut liburan akhir tahun yang sudah semakin dekat, Ancol Taman Impian telah menyiapkan rangkaian program libur akhir tahun untuk menghibur seluruh pengunjung setianya.

Dolphin Bay di Ocean Dream Samudra dan Aquarium biota baru di Seaworld Ancol akan hadir menambah keseruan liburan dipenghujung tahun ini.

Sebagai kawasan rekreasi terpadu yang terus menyajikan beragam inovasi yang sarat dengan nilai edukasi, Ancol Taman Impian akan memberikan sensasi baru kepada pengunjung salah satunya Dolphin Bay yang dibuka untuk mengenal lebih dekat lumba-lumba, mamalia laut yang pintar dan baik hati.

Dolphin Bay merupakan kolam dengan ukuran 500 m2 dan berdiameter 10 - 20 m, nantinya pengunjung akan semakin asik mengenal lebih dekat mamalia laut ini. Kehadiran lumba-lumba di Ocean Dream Samudra merupakan sebuah sarana edukasi yang cukup baik, terlebih bagi anak yang berkebutuhan khusus, melalui terapi bersama lumba-lumba (dolphin therapy).

Terapi ini dapat memberikan manfaat antara lain dapat menumbuhkan konsentrasi, melenturkan syaraf-syaraf yang kurang berfungsi dan sebagainya. Selain itu sebagai salah satu lembaga konservasi yang telah diakui oleh Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan, Ocean Dream Samudra juga berhasil mengembangbiakan mamalia laut ini secara rutin. Dolphin Bay akan dibuka untuk umum pada tanggal 19 Desember 2016 dan seterusnya mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Selain Dolphin Bay, hadir juga wahana aquarium biota baru Jelly Fish (ubur-ubur), Giant Spider Crab (kepiting laba-laba raksasa) & Pinecone Fish (ikan nanas) akan hadir di Seaworld Ancol. Wahana aquarium Jelly Fish seluas 161 m2 ini rencananya akan menyiapkan 5 aquarium jelly fish yaitu 1 aquarium cylinder yang akan berisi Jelly Fish Upside Down dan 4 aquarium kriesel yang berisi Blubber Jelly Fish.

Kedua spesies jelly fish tersebut berasal dari perairan di Indonesia. Jelly fish yang juga dikenal sebagai ubur-ubur ini dipilih untuk memperkaya biota di Seaworld Ancol karena sejumlah keunikan yang dimilikinya yaitu badannya yang 95% air dan juga tidak punya organ tubuh seperti otak, tulang, jantung serta darah sehingga membuat hewan ini menjadi transparan.

Penampilan jelly fish akan semakin cantik karena tubuh transparannya akan mengikuti warna-warni lampu aquarium. Dengan menikmati wahana Jelly fish pengunjung dapat mengenal dan mengetahui jenis Jelly Fish

Upside Down dan Blubber Jelly Fish. Blubber Jelly Fish merupakan ubur-ubur yang memiliki delapan gumpalan oral arms dengan beberapa mulut yang mengirim makanan ke perut. Oral arms Blubber Jelly Fish alami tanpa pemanjangan atau tambahan filamen. Ukuran maksimal dari Blubber Jelly Fish, yaitu 45cm.

Sementara Upside Down jelly fish adalah ubur-ubur yang memiliki kebiasaan unik dengan lengan menghadap ke atas. Ukuran maksimal dari Upside Down Jelly Fish, yaitu 12 cm. Makanan dari Blubber dan Upside Down Jelly Fish ini adalah plankton dan ikan kecil.

Tidak hanya aquarium jelly fish, pengunjung juga dapat menjelajah pengetahuan di aquarium spider crab & pinecone fish. Kedua biota ini tentunya juga memiliki keunikan sendiri. Spider Crab atau disebut kepiting laba-laba raksasa merupakan jenis kepiting yang bentuknya menyerupai laba-laba dan merupakan krustasea terbesar di dunia. Untuk tembuh menjadi kepiting raksasa ia harus mengganti kulit luarnya dengan proses molting.

Kepiting jenis ini bersifat omnivora, yaitu memakan tanaman dan hewan lain dan sering bersifat scavenger yang memakan bangkai. Ukuran tebesar jenis ini dapat mencapai 380 cm dengan berat 20 kg. Untuk bertahan hidup ia harus berada di air yang bersuhu rendah sekitar 16 derajat celcius.

Sementara keunikan Pinecone Fish (ikan nanas) yaitu ikan ini memiliki warna kuning cerah dan tubuhnya ditutupi sirip keras berbentuk piringan berduri dengan garis tepi berwarna hitam.

Matanya yang besar membantunya melihat di dalam gelap dan organ bawah mulutnya dapat memendarkan cahaya dari bakteri simbiotik yang hidup di dalamnya. Jenis ikan ini dapat bertahan hidup dengan memakan zooplankton dan ukuran tubuhnya bisa mencapai 30 cm, jenis ini dapat ditemukan di perairan Indo Pasifik.

"Kehadiran Dolphin Bay dan Aquarium biota baru ini merupakan salah satu komitmen Pengelola Ancol untuk terus dapat menghadirkan wisata berkualitas dengan nilai edukasi untuk dinikmati bersama keluarga," ujar C.Paul Tehusijarana, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol.

Tidak hanya biota baru, sejumlah acara spesial akhir tahun pun siap menghibur pengunjung yang akan menghabiskan libur akhir tahun di seluruh unit rekreasi Ancol.

Pada pekan liburan Natal & Tahun Baru pengunjung Seaworld Ancol akan dihibur oleh tim penyelam yang mengenakan kostum Santa Claus di feeding show yang berada di aquarium utama Seaworld Ancol. Atraksi menarik ini dapat dinikmati pengunjung pada tanggal 24,25,31 Desember 2016 dan 1 Januari 2017 pada pukul 11.00, 14.00 & 16.30 WIB. Sementara di Ocean Samudra pengunjung juga dapat menikmati beragam pertunjukan menarik antara lain Under Watershow, Scorpion Pirates, Cinema 4D, Pentas Singa Laut, Pentas Lumba-lumba dan kegiatan menarik yang cocok bagi anak-anak yaitu mewarnai kaos serta berjoget bersama karakter lumba-lumba, singa laut dan beruang madu.

Tidak ketinggalan, permainan seru dengan hadiah menarik juga akan di gelar di wahana permainan air Atlantis Water Adventure. Selain itu parade marching band dan aneka karakter Dufan juga akan menyapa pengunjung Dunia

Fantasi setiap pukul 16.30 WIB. Bagi yang ingin bersantai menikmati hamparan pasir putih, di pantai lagoon pengunjung dapat bersuka ria bermain air sambil aerobic diiringi alunan musik reggae yang digelar setiap pagi
dan petang serta seru-seruan bermain di wahana aqua fun.

Sumber: http://goo.gl/BLCe07

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar