Rabu, 02 November 2016

Ubah Limbah Jadi Potensi Ekonomi

Universitas Mulawarman (Unmul) mengoptimalkan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2016 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI. Belum lama ini, lewat Fakultas Pertanian (Faperta), Unmul, mencetuskan budi daya cacing di Purwodadi, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara.

Menurut pembimbing PHBD Julinda Manullang mengatakan, program tersebut adalah yang pertama didapat mahasiswa Unmul. Dalam program tersebut, mereka mengusung pemberdayaan pemuda lokal berbasis usaha integrasi peternakan kelinci organik dan budi daya cacing Lumbricus sp. Harapannya, keterampilan peternak dan pemuda meningkat sekaligus mengangkat kearifan lokal. “Ini dapat menjadi inkubator bisnis baru di Lempake,” ucap perempuan yang akrab disapa Linda itu.

Sementara itu, Ketua Jurusan Peternakan Faperta Unmul Fikri Ardhani mengatakan, kreativitas mahasiswa perlu difasilitasi. Apalagi jurusan peternakan merupakan jurusan termuda di Kampus Hijau. Selanjutnya, diharapkan kegiatan tersebut bisa menjadi bekal mahasiswa untuk mengembangkan peluang bisnis di bidang peternakan.

Di samping itu, Hayatul Fidah, ketua tim PHBD menuturkan, kegiatan itu berdasar pada keresahan warga akan aroma menyengat limbah peternakan kelinci berupa kotoran. Kemudian, muncullah ide menangani masalah tersebut, yakni dengan budi daya cacing. “Melalui pelatihan ini limbah ternak kelinci akan diolah menjadi pupuk organik padat, organik cair.”

Sementara itu, Wakil Rektor Unmul Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Encik Akhmad Syaifudin mengatakan, kegiatan tersebut baiknya berkelanjutan. Jika ditekuni, akan banyak manfaat yang dihasilkan. “Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat akan tersalurkan melalui pemanfaatan kearifan lokal di Kelurahan Lempake,” ucap dia. 

Sumber: http://goo.gl/fkVPBj

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar