Senin, 21 November 2016

Pakai Musik Sunda, Cara Peternak di Bogor Tingkatkan Produksi Susu Sapi

Produksi susu bisa meningkat ketika perasaan sapi sedang bahagia. Hal itu yang jadi pedoman peternak sapi di Sentra Sapi Perah Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Salah satu cara membuat sapi 'bahagia', yakni dengan memutarkan musik di kandang.

Ketua Koperasi Produksi Susu (KPS) Kabupaten Bogor, Muhammad Nuh, berujar umumnya para peternak di Bogor memilih memutar musik sunda di kandang sapinya, utamanya musik yang berasal dari instrumen suling Sunda.

"Biasa kalau yang cocok suling, yang ada musik Sunda lah, ada yang sifatnya ke daerah-daerah tapi iramanya slow. Yang penting musiknya slow," kata Nuh.

Selain itu, lanjut dia, umumnya peternak menggunakan konsentrat khusus yang dicampur dalam pakan untuk meningkatkan produksi perahan susunya.

"Caranya dari sisi pakan, kalau untuk sapi perah, kandungan protein dirata-ratakan 14-15% di dalam konsentrat, kalau satu sudah bunting konsentrat ditambah. Konsentrat bisa dari bungkil kelapa, tepung tulang. Diusahakan 5-6 kilogram konsentrat, rumput tergantung bobot badan," terang Nuh yang memiliki 20 sapi perah di rumahnya itu.

Sumber: http://goo.gl/E5T3A9

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar