Rabu, 23 November 2016

Melihat Perjalanan Pengusaha Muda Sukses Baim

Di usianya yang masih terbilang muda, pria yang bernama Imam Fajar Subekti ini sudah sukses. Yah,dia kini menjadi pengusaha rental mobil. Padahal, usianya baru 22 tahun. Tapi, lelaki yang akrab disapa Baim ini sudah memiliki 5 mobil jenis mini bus dan 1 mobil jenis sedan. kesuksesannya itu, tentu tidak diraihnya dengan mudah. Berbagai rintangan dan keringat, dia lakukan karena dirinya merasa bukan berasal dari orang kaya. 

Bapaknya hanya berprofesi sebagai guru pegawai negeri sipil (PNS) yang golongannya masih rendah. Sedangkan ibunya, hanya ibu rumah tangga. Baim merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Walau sebagai anak bungsu, tapi baim tidak manja. Dia justru ingin membantu kedua orangtuanya dengan mencari uang jajan diluar rumah. Tanpa sepengetahuan kedua orangtuanya, Baim diam-diam bekerja sebagai buruh cuci mobil rental. Kala itu, dia masih duduk dibangku kelas 2 SMP. Setiap pulang sekolah, dia pergi ketempat pemilik mobil rental yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya. Hasil dari kerjanya itu, digunakan untuk jajan dan sebagian ditabung. Selama bekerja di tempat tersebut, waktunya tidak terbuang sia-sia. Dikala tidak ada mobil yang dicuci, dia digunakan waktunya untuk belajar menyupir mobil.

" Kadang saya belajar (menyupir) maju mundur. Belajarnya pakai mobilnya bos ( pemilik mobil rental waktu itu )," kata Baim, saat ditemui dirumahnya, RT 3 RW 6 Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Menjadi buruh cuci mobil, dilakukannya hingga SMA. selama itu pula, kedua orangtuanya tidak tahu. Hingga akhirnya, Baim memasuki perguruan tinggi. Tapi sayangnya, dia tidak sampai memakai toga. Dia harus keluar dari perguruan tinggi lantaran kedua orangtuanya tidak sanggup membiayainya. Mengingat hal itu, pria yang saat ini sudah memiliki satu anak ini, akhirnya mencari pekerjaan. Dalam waktu yang singkat, dia langsung diterima sebagai supir disebuah perusahaan rokok terkenal. 

" Saya kerjanya pindah-pindah. Setelah diperusahaan rokok, saya pindah ke bank swasta," kata anak dari pasangan suami istri, Joko,S,52 dan Rokhmah 50.

Selain menjadi supir di perusahaan, Baim juga menjadi supir sewaan (pocokan). Bahkan, dia juga kerap menjadi perantara ketika ada orang yang hendak menyewa atau rental mobil. Berawal dari itu lah, akhirnya Baim berangan-angan menjadi pengusaha mobil rental. Setelah menabung dari SMP hingga bekerja di sejumlah perusahaan swasta , Baim memberanikan diri untuk membeli mobil dengan cara kredit. Kala itu, dia sempat ragu karena khawatir tidak sanggup mengangsurnya. Tapi setelah mendapat persetujuan dan dukungan dari kedua orangtuanya, dia pun akhirnya nekat.

" Pertama kali, saya kredit mobil xenia tahun 2012. Saya pakai uang tabungan saya sendiri,"tuturnya.

Setelah berjalan 5 bulan, Baim mengaku kewalahan karena mobil yang dimilikinya hanya 1. sebab, jumlah penyewanya lebih banyak. Lagi-lagi Baim bingung ketika menghadapi masalah seperti itu. Maklum, dia masih muda untuk menggeluti bisnis tersebut. Dan akhirnya, Baim mendapat suport dari kedua orangtuanya untuk membeli mobil lagi. Tidak tanggung-tanggung, Baim langsung membeli 3 mobil jenis luxio dan inova pada tahun 2013. 

" Walaupun mobil saya sudah empat, tapi masih tetap saja kurang. Jumlah penyewa semakin banyak. Setiap hari selalu ada yang menyewa mobil," kata Baim sembari mengucapkan bersyukur kepada Allah SWT.

Mengingat hal itu, akhirnya Baim membeli dua mobil lagi. Yaitu jenis honda jazz dan APV Hingga kini, mobil rental yang dimilikinya sebanyak 6 unit. Rencananya, dalam waktu dekat dirinya akan membeli mini bus jenis travel. Baim menambahkan, penghasilannya selama sebulan sekitar Rp 25 jutaan.

" Alhamdulilah, semua ini rejeki dari Allah SWT. Yang penting, kita harus rajin berdoa dan sholat," ucapnya.

Sementara, bapaknya, Joko S mengaku senang melihat anaknya sukses mengelola mobil rental. Dia menuturkan, Baim memang anak yang ulet dan sederhana. Sejak kecil, dia sudah bercita-cita ingin menjadi supir bus. Akhirnya keinginannya terkabuldan menjadi supir sekaligus sebagai Direktur Utama Kevin's Rent Car.

" Semoga bisnisnya semakin berkembang ," kata joko, didampingi istri tercintanya.

Sumber: http://goo.gl/zQ0EGr

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar