Selasa, 29 November 2016

INSPIRASI BISNIS: lezatnya dodol pepaya beromzet Rp 9juta/bulan

Tak hanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar, pepaya ternyata juga bisa kita nikmati dalam bentuk olahan kreatif. Di antaranya adalah dalam bentuk dodol pepaya.

Hanya dengan memproduksi dodol buah pepaya, seorang pria di kabupaten Jombang, Jawa Timur, bisa meraup omzet hingga jutaan rupiah per bulannya.

Inilah kreasi, Mohamad Yajid, pria asal desa japanan kecamatan Mojowarno, kabupaten Jombang, Jawa Timur. Berbeda dengan dodol pada umumnya, Yajid memproduksi dodol dengan bahan baku utama yaitu buah pepaya.

Meski awalnya hanya coba-coba, namun setelah diproduksi secara serius respon masyarakat sangat bagus. Dalam sebulan lebih dari 500 bungkus dodol pepaya yang bisa terjual.

Untuk memproduksi dodol buah pepaya ini ternyata juga sangat mudah. Pertama kupas dan bersihkan buah pepaya terlebih dahulu.

"Setelah dipotong kecil-kecil dan dihaluskan, campurkan bubur pepaya dengan adonan tepung ketan dengan perbandingan 10kg buah pepaya dengan 4kg tepung." ujar Yajid

Setelah masak, dodol buah pepaya tersebut langsung dikemas kecil-kecil dan siap dipasarkan. Yasid mengaku tertarik memproduksi dodol dari buah pepaya karena awalnya merasa prihatin dengan hasil panen buah pepaya dilingkungannya yang harganya selalu murah, hanya sekitar Rp 300 per kilogramnya.

Namun, dengan kreativitasnya mengolah buah pepaya menjadi dodol, yajid mampu mengantongi omzet antara Rp 7 hingga 9 juta per bulannya.

Guna mempercepat proses pemasarannya, yajid juga terus bekerja keras mengenalkan dodol buatannya menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Santri Jombang.

Sumber: http://goo.gl/YHbTEp

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar