Minggu, 06 November 2016

Ini Cara Pandang yang Salah Menggarap Bisnis Online

Mayoritas pebisnis online di berbagai daerah mempunyai cara pandang yang sama dalam mengawali bisnisnya. Yakni, hanya fokus pada pembuatan produk dengan mengesampingkan  target pangsa pasarnya. Padahal, cara pandang ini dianggap salah agar bisnis online menjadi viral.

‪"Banyak anak muda dan pemerintahnya juga yang masih fokus pada product oriented (berorientasi menciptakan produk) bukan market oriented-nya. Contohnya, banyak digelar pelatihan-pelatihan yang hanya menciptakan produk bukan fokus pada market oriented," ungkap ‪pemilik perusahaan online kirim.email, Fikri Fatullah saat memberikan materi kepada 50 peserta pelatihan bisnis online yang digagas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bandung Barat di Panorama Hotel Lembang.

Fikri mengaku telah memasarkan produknya ke sejumlah negara Asean menjelaskan, dengan fokus terhadap target pasar, negara Singapura yang memiliki wilayah sangat kecil justru mampu menyedot para wisatawan yang penasaran untuk berkunjung kesana.

"Singapura fokus marketingnya bagus, mereka menciptakan beragam festival seperti orchid rose fashion week, dan festival-festival lainnya, padahal tempatnya (produknya,red) hanya di itu itu saja," kata dia.‬

‪Dia mengatakan, dengan pelatihan bisnis online ini, diharapkan mampu membangkitkan semangat wirausaha muda untuk mengubah mindset-nya dari yang awalnya hanya fokus terhadap menciptakan produk juga fokus terhadap bagaimana cara mengkreasikan target pasarnya.‬

‪"Dunia internet atau online telah mengubah peluang akses yang dimiliki setiap orang, dari yang tadinya hanya dimiliki media perusahaan besar saja, saat ini setiap orang memiliki peluang yang sama dalam mempromosikam produknya," pungkasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Maman S Sunjaya menjelaskan, Bandung Barat dengan kekayaan alamnya cukup potensial membuka lapangan pekerjaan bagi bisnis online dengan membuka website khusus menawarkan jasa pariwisata.

" Travel agent seperti yang sudah dikenal saat ini sebenarnya bisa juga menjadi pasar baru, mengingat potensi wisata di Bandung Barat cukup kaya. jika travel agent menawarkan paket wisata lebih murah dan efektif, wisatawan akan beralih," kata dia.

Bukan hanya sektor wisata, Bandung Barat juga memiliki produk unggulan yang hanya dimiliki daerah itu, pemasaran produk ini merupakan peluang besar bagi pebisnis online.

" Produk asli bandung barat juga tak kalah bersaing dengan produk daerah lain, hanya saja untuk terjun ke bisnis online juga perlu dibekali ilmunya," pungkas Sekda.

Sumber: http://goo.gl/pX6WSw

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar