Selasa, 15 November 2016

Gelar Festival Buah Indonesia, Jokowi Terinspirasi dari Festival IPB

Pemerintah akan mengadakan Festival Buah Indonesia 2016 pada tanggal 17 hingga 20 November 2016. Festival buah ini akan dilakukan di Parkir Timur Senayan, Jakarta. 

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, festival ini dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ide ini muncul setelah Jokowi hadir dalam festival buah di IPB beberapa waktu lalu.

"Di IPB setiap tahun ada pameran buah dab bunga nusantara. Presiden pernah ke sana. Lalu dia bilang buat dong yang gede. Karena kalau pasar buah itu berkembang dengan baik maka ini akan baik untuk ekonomi," kata Darmin dalam konferensi pers di kantornya.

Rencananya, festival ini juga akan dibuka oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Dalam festival ini, terdapat beberapa sub kegiatan seperti lomba buah unggul nusantara hingga karnaval. Masyarakat pun dapat membeli buah pada kegiatan ini.

"Nanti mari kita lihat mestinya menteri pertanian mau membuka. Orang Indonesia kalau lihat enggak bisa beli ngomel dia. Jadi tempatnya lebih luas untuk membeli buah," tuturnya.

Festival buah ini berbeda dengan festival bunga. Darmin pun meminta festival buah secara khusus diadakan pada akhir tahun karena bertepatan dengan musim buah.

Pada kesempatan yang sama Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan bahwa dalam festival ini akan terdapat minimal 21 jenis buah yang akan terdapat dalam festival ini. 150 stake holder pun akan terlibat. "Kita akan ada 21 jenis buah. Ini juga bagian dari resolusi orange. 150 lebih stake holder buah akan terlibat," tuturnya.

Terdapat 80 boot pada indoor dan 100 boot pada outdoor. Ditargetkan akan terdapat 50 buyer dari luar negeri yang akan hadir dalam festival ini.

Sumber: http://goo.gl/141Z8H

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar