Selasa, 15 November 2016

Fauzi Toha, Alumnus IPB Pertama Raih Doktor Kehormatan dari IPB

Muhammad Fauzi Toha yang juga merupakan ayah dari Gubernur Lampung M Ridho Ficardo diberi gelar doktor kehormatan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), atas kontribusinya terhadap pengembangan industri gula nasional. Pemberian gelar dilakukan dalam sidang guru besar IPB di Kampus IPB Dramaga, Bogor dan Fauzi menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul Perancangan Sistem Agro Industri Berbasis Tebu.

Sebelumnya, pihak IPB menjelaskan bahwa gelar tersebut diberikan kepada Fauzi Toha atas pengembangan ilmu keteknikan pertanian dan atas pengabdian diri Fauzi Toha selama 40 tahun mengembangkan industri gula.

Selain itu, Fauzi Toha dinilai mampu mengembangkan industri gula di luar Pulau Jawa dengan baik. Dia melakukan inovasi dengan menciptakan kendaraan angkut tebu yang kemudian disebut road train (semacam truk gandeng) dengan daya angkut 60 ton. Kendaraan tersebut mampu mendistribusikan tebu ke pabrik pengolahan dengan cepat dan efisien dari kebun ke pabrik agar tidak terlambat sehingga kadar rendemen tetap bagus.

Doktor kehormatan yang diberikan kepada Fauzi Toha merupakan yang ke-6 diberikan IPB dan ini adalah gelar doktor untuk alumni IPB yang pertama. IPB dalam pemberian gelar itu melakukan proses dan penilaian yang cukup lama atas karya Fauzi yang kini menjadi salah satu pimpinan Sugar Group Company (SGC). Prosesnya sekitar lima tahun melakukan penilaian hingga akhirnya IPB memberikan gelar tersebut.

Perjalanan karir Fauzi dan pengembangan gula cukup terbilang penuh dengan sejumlah tantangan. Selain melakukan inovasi, Fauzi juga sebenarnya mengikuti benar perkembangan industri gula nasional, khususnya di Lampung. Begitu banyaknya tantangan, kata Fauzi, makanya lebih banyak yang menggeluti bisnis pertambangan dan hutan.

“Saya heran kenapa susah sekali berbisnis perkebunan di negara ini, banyak sekali gangguannya. Amat berbeda dengan bisnis pertambangan. Demikian pula dengan penguasaan hutan. Cukup dengan selembar HPH (hak pengusahaan hutan), pohon-pohon ditebangi lalu sering tinggalkan," kata dia dalam suatu kesempatan.

Sumber: http://goo.gl/Vb26jb

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar