Jumat, 18 November 2016

Empat Mahasiswa IPB Ciptakan Pomade dari Susu Ternak

Empat mahasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB), yakni Ikhsan Suhendro, Akhmad Sudadi dan Ryan Fachrozan berhasil melakukan penelitian pemanfaatan produk peternakan, khususnya susu  sebagai bahan dasar pembuatan pomade.

Produk hasil diversifikasi pomade karya para mahasiswa IPB tersebut mereka bernama Pomlik. Pomlik berbahan dasar susu ini selain mampu menunjang penampilan rambut agar terlihat stylish dan bergaya, ternyata diklaim juga menyehatkan untuk kulit kepala dan rambut.

“Sampai saat ini belaum banyak orang yang mengetahui tentang pomade. Apa itu pomade? Pomade adalah produk yang digunakan untuk membuat rambut tetap stylish dan gaya. Umumnya pomade dipakai kaum pria. Bentuknya padat mirip dengan wax,” kata Ikhsan Suhendro, di kampusnya.

Menurut Ikhsan, pomade sebetulnya mulai dikenal sejak tahun 1990-an. Pomade biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, wax, lanolin, dan wewangian untuk memberikan aroma khas. “Pada dasarnya pomade merupakan wax yang dicampur dengan minyak. Seiring perkembangan zaman pomade tidak selalu murni menggunakan campuran minyak. Tapi berbahan dasar  sintetis yang tanpa disadari kaum pria, dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kesehatan rambut,” ungkapnya.

Dilatarbelakangi hal itulah maka Ikhsan bersama ketiga rekannya tergerak untuk melakukan penelitian dengan memanfaatkan produk peternakan, khususnya susu  sebagai bahan dasar pembuatan pomade. “Pembuatan pomade juga sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan susu. Pomilk berbahan alami ini, selain menjaga rambut tetap stylish, juga menjaga kesehatan rambut,” jelasnya.

diversifikasinya itu maka Ikhsan bersama tim tergerak untuk mengikutsertakan produk  ‘Pomilk’ karyanya dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional pada rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakult├ás Peternakan, Universitas Padjadjaran yang dilaksanakan belum lama ini di Kota Bandung, Jawa Barat. “Sukur alhamdulillah Pomilk: Pomade Susu yang Diperkaya Tropical Herbs untuk Rambut Sehat dan Stylish produk kami ini berhasil meraih Juara I di ajang tersebut,” ujar mereka penuh bangga.

Untuk itu, lanjutnya, ke depannya, produk ini akan dikembangkan menjadi produk komersiil. “Sudah ada beberapa perusahaan yang ingin kerjasama dengan kami untuk mengembangkan produk Pomlik hasil penelitian ini,” ungkapnya. 

Sumber: http://goo.gl/l9S5Xn

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar