Selasa, 01 November 2016

6 Tanda Anda Sudah Mampu Beli Rumah

Membeli rumah merupakan sebuah keputusan besar. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan hal ini, selain kondisi finansial kesiapan diri juga menjadi faktor utama.

Banyak orang yang sudah menabung lama agar mampu membeli rumah yang mereka impikan. Tapi tak jarang dari mereka yang benar-benar yakin apakah tabungan tersebut sudah cukup untuk membeli rumah.

Berikut tujuh tanda kondisi keuangan Anda sudah cukup untuk membeli rumah seperti dilansir dari Business Insider.

1. Bisa membayar DP tanpa mengganggu dana darurat
Ketika membeli rumah, Anda diharuskan terlebih dahulu untuk membayar uang muka atau down payment (DP). Besarnya DP ini biasanya tergantung dari jenis rumah yang ingin Anda miliki.

Satu hal yang dapat menjadi tanda bahwa Anda sudah siap untuk memiliki rumah adalah jika Anda mampu untuk membayar uang muka tanpa mengganggu tabungan dana darurat yang Anda miliki.

Tabungan dana darurat tersebut lebih baik tidak dipakai sebagai langkah antisipasi apabila ada sesuatu yang terjadi di luar rencana.

2. Tidak punya rencana untuk tinggal selama dua sampai lima tahun ke depan
Perencanaan waktu memegang peranan penting dalam kaitannya untuk membeli rumah. Semakin cepat Anda memiliki rencana untuk pindah ke rumah baru, maka seringkali semakin besar pula uang yang harus Anda persiapkan.

Uang ini berguna untuk mempercepat pembangunan rumah atau proses renovasi rumah Anda. Untuk itu, akan lebih baik apabila Anda tidak memiliki rencana untuk pindah selama dua sampai lima tahun ke depan. Agar kondisi finansial Anda bisa lebih stabil.

3. Tidak memiliki beban pengeluaran besar lainnya
Membeli rumah merupakan satu pengeluaran besar yang akan menjadi beban finansial Anda. Agar kondisi finansial Anda tetap membaik, sangat disarankan apabila Anda membeli rumah saat tidak memiliki beban pengeluaran besar lainnya.

4. Bisa mengatasi masalah hutang
Sebagian orang memilih untuk membeli rumah dengan terlebih dahulu mengajukan pinjaman pada bank. Hal ini tentu saja bisa membuat proses pembelian rumah menjadi lebih mudah.

Tapi, agar bank bisa menyetujui permohonan pinjaman tersebut, Anda harus memiliki kondisi keuangan yang baik dan bisa mengatasi masalah utang.

5. Mengerti tentang kondisi keuangan pribadi
Akan sangat penting bagi anda untuk mengerti akan kondisi keuangan pribadi. Tahu betul akan hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan langkah apa yang akan Anda ambil setelahnya.

6. Tahu dengan jelas alasan beli rumah
Terakhir, Anda juga harus mengetahui dengan jelas alasan apa yang Anda pakai untuk membeli rumah. Jangan sampai Anda hanya membeli rumah hanya untuk memuaskan hasrat pribadi, padahal Anda sebenarnya tidak benar-benar butuh.

Sumber: http://goo.gl/w40rVk

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar