Kamis, 20 Oktober 2016

XL dorong kemajuan UKM lewat penggunaan Mifi dan Reuter besutannya

Melalui MIFI berikut reuter berbasis 4G Lte, PT XL Axiata Tbk kini membidik segmen UKM di Indonesia. Kali ini XL menargetkan menjaring minimal 10 juta UKM untuk pengguna reuter besutannya.

Aston Freddy, MIS Sales Strategic and Management PT XL Axiata Tbk menyampaikan, saat ini potensi pasar untuk pelaku UKM sasarannya mencapai 40 juta dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

“Minimal kami harus mampu menyabet 25 persen dari angka 40 juta tersebut.Dan kami yakin bisa merebut angka tersebut. Sedangkan untuk proyeksi sampai akhir tahun bisa mencapai 12 ribu pengguna dari segmen UKM. Kami juga selalu bekerjasama dengan asosiasi pengusaha seperti Apindo untuk masuk ke segmen ini,” tandas Aston di kampus ITS Surabaya.

Aston menambahkan, dari 68 juta UKM di Indonesia, baru sebesar 1,8 juta UKM yang menggunakan jaringan 4G LTE.

“Justru saat ini tren smarthome juga bisa saja mendorong kebutuhan reuter. Bahkan muncul banyak produsen aplikasi kulkas pintar yang mampu memberikan notifikasi laporan ke pemiliknya isi barang dalam kulkas sebagai pengingat,” papar Aston.

Selain itu, permintaan CCTV untuk kebutuhan keamanan juga menjadi salah satu kebutuhan bagi rumah tangga di Indonesia.

“Apalagi CCTV kini juga menggunakan akses internet. Sebenarnya, sudah 78 persen penggunaan data terbesar konsumen itu digunakan di perumahan,” tegas Aston.

Sementara itu, Executive Vice President East Region PT XL Axiata, Desy Sari Dewi mengatakan, saat ini penetrasi 4G di Indonesia baru mencapai 10 persen. Untuk itu XL juga makin gencar memasarkan produk mifi berbasis 4G Lte.

“Sementara ini untuk penggunaan 3G masih berkutat di angka 50 persen. Belum sampai 80 persen. Untuk itu, menurut saya kali ini merupakan PR (Pekerjaan Rumah) bagi operator cukuplah berat, pungkas Desy.

Semenjak diluncurkan, produk reuter dan mifi XL sudah terjual 48 ribu unit. Dan perlu dikethaui bahwa kontribusi dari mifi maupun reuter masing-masing seimbang di angka 50 persen.

Sumber: http://goo.gl/hUrRA2

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar