Jumat, 28 Oktober 2016

Ternyata, Bisnis Online Tak Semudah yang Dibayangkan

Bagi banyak orang, bisnis online itu mudah dan hemat untuk dilakukan. Tapi tidak kali ini, karena saya akan memberi sudut pandang yang berbeda (terang-terangan), mengapa bisnis online itu justru sulit.

Tidak hanya itu, bisnis online juga tidak cocok bagi kamu yang miliki kemampuan dan modal pas-pasan. Di Indonesia, toko online atau lebih dikenal E-Commerce sedang panas-panasnya.

Hal tersebut lantaran, mulai banyak startup yang berhasil mendapatkan pendanaan, ekpansi gila-gilaan. Mulai dari online sampai offline (TV), memakai artis-artis yang sedang naik daun sebagai ambasador, dan promosi atau diskon besar-besaran.

MENGAPA BISNIS ONLINE ITU SULIT

Bagi banyak orang, bisnis online itu mudah dan hemat.

Tapi tidak kali ini, artikel ini akan memberi sudut pandang yang berbeda (terang-terangan) mengapa bisnis online itu justru bisnis yang sulit dan bukanlah bisnis yang cocok buat kamu dengan skill/modal pas-pasan.

Kita tidak akan membahas bisnis online seperti startup, aplikasi/game online, karena jelas bisnis seperti itu sulit dilakukan dan membutuhkan modal/pendanaan, skill, dan tim yang baik supaya dapat berjalan.

Kita akan membahas bisnis online yang semua orang bisa lakukan dan “katanya” bisa dilakukan tanpa modal, toh cuma butuh laptop+internet (yakin?), yaitu toko online dan blog.

Pertama kita bahas soal toko online.

Di Indonesia toko online atau lebih dikenal E-Commerce sedang panas-panasnya karena beberapa startup yang berhasil mendapatkan pendanaan, ekpansi gila-gilaan mulai dari online sampai offline (TV), memakai artis-artis yang sedang naik daun sebagai ambassador mereka dan promo/diskon besar-besaran.

Bisnis online itu kejam dan konsumen Indonesia itu cerdasss. Pemain-pemain besar dapat dengan mudah mendiskon harga mereka, menggelontorkan budget gila-gilaan untuk marketing, dan melibas habis semua keyword toko online page 1 google, sedangkan toko online dengan budget seadanya tidak akan memiliki ruang untuk dilihat.

Jika Anda membuat toko online dan mengambil barang dari supplier (reseller), maka kemungkinan besar toko Anda tidak akan bertahan lama karena supplier dapat menjual produknya sendiri di marketplace seperti tokopedia/bukalapak tanpa melalui perantara Anda, sedangkan jika produk tersebut adalah produk-produk atau brand resmi seperti smartphone, indomie, shampo, susu, dsb maka lazada, matahari mall, rakuten, blibli, dll yang akan menjualnya.

“Gimana kalau jual tiket pesawat online aja, kan lumayan untungnya besar.” Katakan itu kalau Anda bisa mengalahkan dominasi traveloka.

Bisnis online itu kejam dan yang terpenting didunia online itu bukan masalah banyaknya pesaing, tetapi seberapa kuat mereka. Mereka yang besar yang akan menguasai pasar. 90% market dikuasai oleh pemain besar dan 10% sisanya diperebutkan oleh ribuan pemain-pemain kecil yang ada, atau dapat dikatakan hampir tidak ada ruang bagi pemain kecil (apalagi reseller) untuk bermain dibisnis ini.

Hanya ada 2 cara untuk sukses dalam menjalankan toko online, yaitu:

1. Anda menciptakan brand/produk Anda sendiri, dimana tidak ada orang lain yang menjual dan produk tersebut hanya bisa didapatkan melalui toko online Anda, seperti keripik maicih, sepatu brodo, dan semacamnya. (menjadi produsen)

2. Mengambil barang langsung dari pabrik/perusahaan dan menjadi supplier/importir produk tersebut (tangan pertama), sehingga Anda bisa langsung menjualnya kepada end user/reseller. (tanpa perantara)
Dimana kedua cara diatas membutuhkan modal yang tidak sedikit, menjadi produsen memerlukan biaya berupa bahan baku, proses, branding, dsb. Dan jika Anda menjadi supplier maka harus melakukan stok barang dalam jumlah banyak dimana ada resiko barang tersebut tidak laku (barang mati).

Karena itulah toko online itu adalah bisnis yang sulit, mereka yang kecil dengan cepat berakhir dan menjadi tidak signifikan, sedangkan mereka yang besar dengan cepat meraih pasar dan mendominasi. Konsumen Indonesia itu cerdas (baca: perhitungan), mereka tahu harus beli dimana dan kemana harus mencari.

Begitu pula dengan sektor lain seperti tiket online, tiket pesawat, travel, hotel, dan sejenisnya. Hampir tidak ada ruang bagi agen-agen/calo-calo kecil untuk bermain dibisnis ini.

“Oke, kalau gitu kita buat blog aja, lumayan pakai blogspot gratisan pasang adsense rupiah ngalir 10 jt/bulan (dari hongkooong).” Bikin blog itu perlu waktu (baca: jangka panjang) alias lama sampai bisa menghasilkan uang. Banyak orang berpikir bikin blog itu cuma sekedar dapat trafik, isi artikel banyak, post sana-sini, dan boom!! Rupiah mengalir tiap bulannya. Faktanya membuat blog itu artinya Anda bersaing dengan semua blogger yang ada didunia online, setiap orang hanya punya waktu 24 jam dalam sehari, bagaimana Anda bisa membuat orang lain mau menghabiskan waktu mereka diblog Anda? Selain itu Anda bukan cuma bersaing dengan blogger, tetapi juga youtuber, media online, forum seperti kaskus, facebook, dan semacamnya. Apakah blog Anda cukup entertaining atau bermanfaat sehingga orang-orang mau terus berkunjung kembali, dan menjadi followers setia Anda?

Itulah sebabnya hanya sedikit blogger yang bisa sukses, hal yang sama juga berlaku pada semua media, youtuber yang betul-betul sukses itu tidak banyak, mereka yang sudah famous/terkenal yang biasanya akan menang.

Bisnis online itu sulit tapi bukan berarti menjadi alasan untuk tidak mencoba dan berusaha.

“Ada gak tips-tips buat saya yang cuma modal seadanya, tapi mau mencoba bisnis online khususnya toko online dan blog.”

Tentu, buat kamu yang mau mencoba bisnis online berikut tips yang bisa kamu praktekkan.

Toko online:

Mulailah dari yang sederhana seperti: reseller dan dropship
Yang terpenting adalah tujuan kedepan harus besar, jangan berlama-lama menjadi reseller/dropshiper, segera tentukan produk apa yang mau kamu jual/stok dan jika memungkinkan buatlah produk/brand kamu sendiri
Hindari persaingan dengan pemain-pemain besar, buatlah toko online yang unik dan marketingkan pula dengan cara yang unik
Blog:

Jadilah expert dalam niche/topik yang kamu pilih (blog kamu), jika kamu ahli dalam bidang fashion buatlah blog tentang fashion, jika kamu hobi travel dan fotografi jadilah travel-blogger
Berikan value/manfaat/hiburan untuk pembaca blog kamu, mereka sudah menghabiskan waktu diblog kamu jangan sampai mereka pergi tanpa mendapatkan apa-apa
Hindari topik-topik umum, kalimat-kalimat klise, dan informasi tidak penting lainnya yang semua orang juga sudah tahu

Kesimpulannya adalah tidak ada bisnis yang mudah walaupun itu adalah bisnis online baik dengan modal minim sekalipun, karena kunci kesuksesan dari sebuah bisnis adalah tujuan dan niat. Tujuan Anda harus besar, dan mereka yang menang adalah mereka yang sungguh-sungguh memperjuangkan tujuan mereka tersebut.

Sumber: http://goo.gl/shGk7N

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar