Rabu, 12 Oktober 2016

Sekolah Bersama Yuk, Komunitas Pendidikan Sosial di Bogor

Sekolah Bersama Yuk atau disingkat Sebersy merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan anak-anak kurang mampu yang berada di wilayah kota dan kabupaten Bogor.

Awal didirikannya komunitas ini bermula dari Bima Prasetyo Adi (pendiri Sebersy) yang melihat fenomena sekelompok anak-anak “bekerja” sebagai pemulung dan pengemis pada waktu malam di sekitar Jalan Bangbarung, Kota Bogor. Merasa penasaran, Bima pun bertanya pada kelompok anak-anak tersebut mengenai alasan mengapa mereka sampai harus melakukan kegiatan seperti itu di usia yang masih sangat muda. Bima pun mendapat jawaban yang sangat polos dari anak-anak tersebut. Mereka melakukan hal seperti itu semata untuk membeli peralatan dan seragam sekolah.

Merasa harus melakukan sesuatu, dengan modal keberanian, Bima menjanjikan kepada anak-anak tersebut akan mengadakan sebuah kelompok belajar yang diikuti oleh 10 orang anak yang hidup di jalanan.

Dia tak sendirian mengerjakan idenya untuk memberikan pendidikan yang layak bagi adik-adik kurang mampu di Bogor, Bima mengajak teman-teman dekatnya dari Mojang Jajaka Kota Bogor angkatan 2010 untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan mulia ini. Meski masih dengan anggota yang sedikit, maka dibentuklah “Sekolah Bersama Yuk” sebagai komunitas pendidikan pada 19 Agustus 2010 di Kampung Ceger, Kota Bogor. Saat itu komunitas ini masih menumpang di SDN Ceger 2 Kota Bogor. Tak disangka, respon pihak SDN Ceger 2 beserta orang tua murid menyambut dengan gembira hadirnya Sekolah Bersama Yuk, sehingga pada awal kegiatan komunitas ini diikuti sebanyak 60 orang anak.

Memasuki tahun 2012, Sebersy mencoba mandiri dengan mengontrak sepetak rumah untuk aktivitas belajar-mengajar anak-anak yang baru. Pada tahun ini, Sebersy menambahkan poin mengenai edukasi kesehatan seperti periksa kesehatan gigi, kegiatan cuci tangan massal dan minum susu. Dan juga membentuk sebuah perpustakaan mini di dalam rumah belajar Sebersy. Anak-anak yang belajar pun menjadi tambah bersemangat karena mereka mendapatkan ilmu baru dari adanya perpusatakaan tersebut.

Kemudian, Agustus 2015 Sebersy bekerjasama dengan Program Kejar Paket A dari pemerintah setempat agar anak yang putus sekolah bisa mendapatkan ijasah setara SD di akhir tahun ajar. Tak hanya itu, Sekarang Sebersy pun meluncurkan program edukasi tayangan layak anak setiap beberapa pekan. Mereka diarahkan untuk menonton acara yang layak, dan mengurangi menonton sinetron yang kurang mendidik.

Sumber: http://goo.gl/QDP3Tm

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar