Kamis, 27 Oktober 2016

Pencetakan Alquran Standar Kemenag Ada di Bogor

Indonesia telah memiliki percetakan Alquran standar. Lokasi percetakan ada di Bogor, Jawa Barat.kemarin percetakan ini diresmikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Adanya percetakan ini menjadi sebuah bukti bahwa negara hadir dalam penyediaan kitab suci umat Islam,'' ujar Lukman.

“Ini merupakan saat yang bersejarah. Selain bukti negara telah hadir, kitab suci yang dicetak langsung oleh pemerintah memiliki konsekuensi sendiri. Keinginan para pendahulu kita, para senior kita, semestinya pemerintah mencetak Alquran sendiri,” katanya.

Lukman menyatakan, pencetakan Alquran melalui UPQ ini telah melewati jalan yang terjal. Banyak kendala birokrasi yang tidak dapat terhindarkan dan akhirnya dapat terwujud.

Dirjen Bimas Islam Machasin mengatakan, pada 2008 Menag Maftuh Basuni meresmikan LPQ di bawah Sekretariat Jenderal. Pada tahun 2013 berubah menjadi UPQ sebagai Unit Pelaksana Teknis Ditjen Bimas Islam. Kemudian dilakukan pembenahan dan selesai awal tahun ini. 

Untuk sementara UPQ akan mencetak mushaf Alquran sebanyak 35.000 eksemplar dan tahun 2017 dapat mencetak sekitar 150.000-200.000 setiap bulan dengan ketersediaan mesin-mesin baru. 

Sumber: http://goo.gl/ZwOPJV

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar