Jumat, 28 Oktober 2016

Musim Penghujan, Bogor Berpotensi Alami Pemadaman Listrik

Tingginya intensitas curah hujan di wilayah Bogor dalam beberapa pekan terakhir berimbas pada pemadaman listrik sementara sejumlah wilayah di Kota Bogor. Hal tersebut dilakukan untuk memelihara jaringan distribusi listrik di Kota Hujan tersebut.

Humas PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Bogor Kusmawan menerangkan, pihaknya harus ekstra keras mengawasi komponen seperti kabel-kabel dan tiang listrik dari ancaman bencana longsor dan pohon tumbang akibat curah hujan yang tinggi.

“Saat hujan banyak kabel yang terkena ranting-ranting pohon yang jatuh, tumbangnya pohon yang menimpa komponen listrik seperti kabel atau tiang listrik, lalu petir juga longsor yang bisa membuat tiang listrik rusak. Ini semua berimbas pada pemadaman listrik,” kata Kusmawan pada SP.

Dia mengatakan, sebenarnya pemadaman listrik sementara yang dilakukan PLN adalah hal rutin untuk memelihara jaringan dstribusi, namun saat musim penghujan pihaknya harus lebih waspada.

“Kemarin pemadaman listrik masih terjadi di sejumlah wilayah di Kota Bogor di Kecamatan Bogor Barat seperti di Kelurahan Kayu Manis, Kelurahan Kencana, juga di Kecamatan Tanah Sareal di Kampung Sumurwabgi, Kelurahan Mekarwangi dan sekitarnya,” katanya.

Pada pemadaman akan dilakukan di Kelurahan Bantarkambing Bogor Barat. “Ini bukan pemadaman bergilir tapi untuk pemeliharaan jaringan saja yang rutin dilakukan,” ujarnya.

Hingga kapan pemadaman ini dilakukan, Kusmawan menyatakan, dia akan melihat kondisi di lapangan. “Kita lihat saja intensitas curah hujan beberapa hari ini, karena di musim penghujan ini kami harus memangkas ranting-ranting maupun pepohonan yang menghalangi kabel-kabel listrik. Belum lagi petir yang mengakibatkan kabel terputus, jadi kami ganti kabel yang rusak itu. Kami juga akan memasang kawat penangkal petir,” tuturnya.

Kusmawan menambahkan, pemadaman listrik bergilir merupakan pemadaman yang dilakukan sebagai upaya terakhir PLN untuk menghindari mati listrik total pada suatu sistem jaringan listrik. Hal ini biasanya sebagai tanggapan terhadap situasi sewaktu pemakaian listrik atau beban listrik melebihi kapasitas suplai daya listrik dari gardu induk atau pembangkit listrik.

“Sementara hal tersebut tidak terjadi di Bogor dan jangan sampai terjadi. Saat ini kondisi pasokan listrik di wilayah Bogor sangat mencukupi. Kami pun siap melayani pemasangan baru dan penambahan daya,” katanya.

Sumber: http://goo.gl/47sIov

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar