Rabu, 26 Oktober 2016

Kisah Curug 7 Bogor dan Pemandian Prabu Siliwangi

Objek wisata Air Terjun Cilember merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Wisata air terjun yang dikenal dengan curug ini menjadi salah satu destinasi wisata di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kawasan wisata ini menyajikan panorama keindahan, kesejukan, dan hijaunya hutan hujan tropis dengan daya tarik utama berupa tujuh buah curug.

Uniknya, dari Curug 7 Cilember ini semakin kecil angkanya, maka posisi air terjunnya semakin tinggi dan jalurnya pun semakin rumit.

Untuk bisa sampai ke Curug 7 tidak perlu khawatir karena medannya tidak sulit, sementara untuk ke Curug 5 harus melewati tanjakan yang agak sulit dan bebatuan.

Dan untuk mencapai Curug 3, Curug 2, dan Curug 1 diperlukan perjuangan cukup berat karena kondisi jalannya yang sangat sulit.

Tempat wisata Curug Cilember yang terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, pengunjung bukan hanya bisa menyaksikan indahnya panorama alam berupa air terjun yang sangat mempesona, tetapi  juga melihat Taman Konservasi Kupu-Kupu, sebuah bangunan berbentuk kubah jaring raksasa.

"Bagi yang hobi berkemah, di sini kami menyediakan camping ground lengkap dengan penyewaan tenda," ujar pengelola wisata Curug Cilember, Ade Ridwan Hanafi.

Tempat wisata di Puncak ini semakin populer di kalangan wisatawan tak hanya dari Bogor dan Jakarta, tapi juga dari daerah lain di Indonesia.

Curug Cilember atau dikenal juga dengan sebutan Curug Tujuh Cilember merupakan kawasan wisata alam yang mengusung konsep ekowisata.

Destinasi wisata yang berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini menyajikan keindahan, kesejukan dan hijaunya hutan hujan tropis dengan daya tarik utama berupa tujuh buah curug

Selain memiliki keindahan alam, letaknya yang sangat strategis dan mudah dijangkau membuat kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, tak hanya dari Bogor dan Jakarta, tapi juga dari daerah lain di Indonesia.

Tak heran, setiap libur akhir pekan destinasi wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung pada saat libur akhir pekan.

Selain keindahan panorama alam, Cilember sendiri mengandung arti, yakni kata Ci atau Cai bermakna air dan Lember yang berarti jamur karena di lokasi ini terdapat banyak tumbuh jamur.

Curug Cilember juga menyimpan sejumlah mitos. Masyarakat setempat meyakini tempat ini merupakan lokasi pemandian para putri dari Kerajaan Siliwangi, sehingga banyak yang mempercayai bahwa dengan mandi di curug ini mereka akan awet muda.

Ada pula yang meyakini bahwa dengan mandi mampu mengobati segala penyakit. Bahkan berdasarkan cerita yang berkembang, bagi mereka yang belum memiliki pendamping hidup (suami atau istri), akan mudah menemukan jodoh setelah mandi di air terjun tersebut.

Bukan hanya itu, ada kebiasaan dari sejumlah pengunjung yang mandi di tengah malam terutama di saat malam Jumat Kliwon.

Curug ini akan banyak dikunjungi pada bulan Muharram dan Maulid (Jumadil Awal), terutama dari mulai tanggal 10 hingga 14 Maulud (Bulan Maulud–red).

Umumnya mereka datang ke Curug Cilember untuk mendapat berkah, awet muda, dan menambah kekuatan dengan mandi di Curug Tujuh yang terbagi menjadi dua posisi air terjun, kanan dan kiri.

Posisi kanan dipercaya untuk memperoleh kekuatan, sedangkan kiri untuk awet muda dan keberkahan. Tergantung kepercayaan masing-masing.

Hampir tiap bulan, banyak pula pengunjung datang dari perguruan-perguruan silat. Kedatangan mereka untuk berlatih pernapasan.

Sumber: http://goo.gl/BckbO0

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar