Senin, 03 Oktober 2016

Karyawan Punya Bisnis Sampingan? Ini 5 Keuntungannya

Menjadi seorang karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan? Itu artinya Anda memiliki sebuah tanggung jawab yang harus dilaksanakan dan diselesaikan sebagai bentuk dari pengabdian terhadap perusahaan. Barternya, perusahaan akan memberikan reward berupa gaji per bulan.

Tapi, mengandalkan gaji semata belum berarti Anda bebas secara finansial bukan? Tidak heran jika sebagian dari Anda mencari alternatif pekerjaan lain sebagai pekerjaan tambahan dan bisa mendatangkan keuntungan.

Karyawan yang memiliki usaha sampingan rata-rata memilih untuk berbisnis di berbagai bidang yang mereka sukai.

Ternyata, ada banyak hal yang mereka dapatkan dari menjalankan usaha atau pekerjaan sampingan ini. Apa saja?

1.Punya Penghasilan Tambahan
Ada dua keuntungan yang bisa didapat oleh seorang karyawan yang juga memilih untuk memiliki penghasilan tambahan. Selain mengasah keahliannya di bidang pekerjaan tambahan tersebut, mereka juga bisa belajar untuk mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. 

Artinya, jika Anda memiliki usaha sampingan, Anda akan memiliki penghasilan tambahan yang tentunya bisa membuka peluang untuk menabung lebih maksimal lagi. Karena itulah, pengelolaan keuangannya harus lebih teratur.

2.Keuntungan Pajak
Berbicara mengenai skala bisnis dan kaitannya dengan perpajakan di Indonesia, ada keterangan bahwa untuk pebisnis yang omsetnya kurang dari 500 juta pertahun, maka akan dibebaskan dari pajak.

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sebagai alternatif tambahan pendapatan, tentunya tidak usah memikirkan soal pajak. Bisnis besar tertentu saja yang bisa kena pajak seperti itu. 

Nah, jika Anda masih bingung bagaimana untuk memulai usaha yang diinginkan sementara modalnya belum maksimal, Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman ke bank.

3.Menjadi Manajer di Perusahaan Sendiri
Jika saat bekerja di kantor, posisi anda adalah menjadi karyawan. Setiap harinya harus bekerja sesuai dengan jabatan masing-masing dan melaporkan semuanya kepada bos di perusahaan Anda.

Berbanding terbalik keadaannya dengan memiliki usaha sendiri sebagai penghasilan tambahan, Anda sendiri yang akan memimpin perusahaan dan mengatur segala hal yang terjadi di perusahaan kecil milik Anda tersebut.

4.Bisa Menambah Pengalaman Bekerja
Jika saja beberapa karyawan sudah memulai bisnisnya sendiri, dan menjadi pemimpin dalam bisnisnya tersebut, bukan tidak mungkin pengalaman ini bisa Anda cantumkan dalam resume Anda.

Walaupun perusahaan skala kecil, namun segalanya perlu manajemen yang baik untuk terus maju dan berkembang. Inilah dasar yang harus diketahui oleh karyawan, yang mungkin berminat menjadi manajer.

Siapa tahu, setelah membaca resume Anda, perusahaan ada yang tertarik untuk menjadikan posisi Anda sebagai manajer perusahaan terkait.

5.Meningkatkan Kebahagiaan
Menjadi karyawan sekaligus memiliki usaha sampingan, ternyata tidak memberatkan bahkan bisa menimbulkan kebahagiaan. Di satu sisi, menghabiskan waktu di kantor memang cukup melelahkan.

Namun di sisi lain ada sebuah tanggung jawab yang Anda suka untuk melakukannya, yaitu mengelola usaha sampingan. Penghasilan yang didapat dari kedua kegiatan tersebut, tentunya dapat membawa anda ke tujuan yang diinginkan dengan lebih cepat, asalkan maksimal dalam menabung.

Nah, selain lima hal di atas, yang perlu Anda cermati adalah bahwa memiliki usaha sampingan adalah bentuk alternatif lain untuk menambah tabungan, untuk berbagai keperluan. 

Catat! Jika hanya mengandalkan gaji perbulan dan mulai dikumpulkan dalam bentuk tabungan, mungkin memerlukan waktu yang lama untuk mewujudkan mimpi Anda tersebut.

Dengan memiliki usaha sampingan, siapa tahu pendapatan Anda lebih besar dan tabungan Anda lebih cepat meningkat.

Sumber: http://goo.gl/8aLWdE

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar